Pakar Hukum Unsri Ingatkan Penyelenggara Pemilu Ogan Ilir Agar Berhati-hati


INDRALAYA--Pakar hukum Unsri Dr Febrian, SH, MS, mengingatkan agar berhati-hati kepada para penyelenggara Pemilu Kabupaten Ogan Ilir baik itu KPU maupun Bawaslu akan putusan diskualifikasi petahana. "Apakah keputusan tahapan diskualifikasi petahana itu sudah master?," ujar dekan Fakultas hukum Unsri ini serius kepada awak media saat disambangi di ruangannya belum lama ini.

Karena menurutnya dalam memutuskan perkara hukum itu sudah pasti terjadi yang namanya koordinasi hierarki dalam organisasi mulai dari tingkat Provinsi hingga Pusat. Jika memang keputusan itu sesuai aturan dan tahapan. Maka itu sangat luar biasa dan akan menjadi contoh bagi penyelenggara Pemilu lainnya.

Tetapi, jika ternyata terdapat pelanggaran yang dilakukan oleh penyelenggara maka hukumannya akan lebih berat diputuskan oleh DKPP. Disinggung apakah ada keberpihakan penyelenggara pemilu di Ogan Ilir terhadap salah satu paslon. Sehingga berani memutuskan mendiskualifikasi pasangan petahana. Dr Febrian menyatakan jika keberpihakan itu dimana-mana pasti ada. Entah itu keberpihakan ke paslon Petahana sendiri maupun ke paslon lainnya. 

Namun, yang pasti pengaruh itu ada meskipun kecil. Untuk itu, ia meminta kepada para penyelenggara pemilu kiranya dapat berhati-hati dan menjalankan tugasnya sebaik mungkin jangan sampai menabrak aturan yang justru nantinya dikemudian hari malah membahayakan diri sendiri dan juga lembaga.(Ber)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts