Pemkab PALI Gratiskan Swab Tes

PALI.SININEWS.COM -- Meskipun pemerintah pusat melalui menteri kesehatan telah menetapkan harga tes swab mandiri di Rumah Sakit sebesar Rp 900 ribu per sekali swab tes, ternyata di kabupaten PALI, khusus untuk masyarakat Bumi Serepat Serasan tidak dipungut biaya alias gratis. 

Hal itu dikatakan oleh Mudakir, Plt. Kepala Dinas Kesehatan kabupaten PALI saat dijumpai awak media di ruang kerjanya, Selasa (6/10)

"Sebenarnya, jika ada masyarakat PALI yang hendak swab test, Dinkes siap memfasilitasi dan masyarakat tidak perlu membayar. Cukup melapor ke pihak kami, kemudian dilakukan swab tes. Hasil swab tes tersebut akan dikirimkan ke BBLK Palembang atau RSUD Rabbain Muara Enim," ungkapnya. 

Namun, diakuinya masyarakat seperti anti terhadap swab tes. Bahkan, pihaknya ada beberapa kali menemukan warga yang kabur karena enggan dilakukan swab tes. 

"Di PALI, warganya yang tidak mau di swab tes. Masyarakat menghindar untuk di swab karena takut dikucilkan jika nanti hasilnya terpapar positif covid -19 dan ditakutkan berimbas pada bisnis warga,"  tambahnya. 

Terkait swab tes mandiri di RSUD Talang Ubi, Mudakir menerangkan belum bisa dilakukan. Hal itu disebabkan lantaran terkendala fasilitas RS yang belum memiliki laboratorium untuk ditempatkan alat PCR, alat pemeriksa swab tes. 

"RSUD Talang Ubi belum memiliki fasilitas untuk melakukan swab tes. Karena belum peralatan serta laboratorium RSUD yang belum memenuhi standar untuk ditempatkan alat PCR," imbuhnya. 

Saat ini pihaknya bersama delapan puskesmas yang ada di kabupaten PALI tengah fokus tracking terhadap warga yang kontak dengan pasien yang terpapar positif covid-19.

"Sekarang puskesmas juga dibebankan untuk melakukan tracking di wilayah puskesmas itu masing-masing. Selain itu, kami juga gencar sosialisasi dengan melibatkan tenaga kesehatan di puskesmas," tutupnya. (sn/perry) 
Share:

No comments:

Post a Comment


Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts