Kades dan Warga Simpang Tais 'Keroyok' Usna, Warga Miskin yang Tak Punya Rumah


PALI. SININEWS.COM -- Warga Desa Simpang Tais Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mendadak ramai di sebuah lahan milik PT Surya Bumi Agro Langgeng, sebuah perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di wilayah desa tersebut, pada Minggu (27/12).


Berkumpulnya puluhan warga yang digerakkan Kepala desanya, Erika Peru itu rupanya mengeroyok Usna (45) dan keluarganya, untuk membangun sebuah rumah sederhana. Karena Usna merupakan seorang warga dusun I yang tergolong kurang mampu dan selama ini tidak memiliki hunian.

Setelah berjibaku dari pagi buta hingga siang hari, akhirnya rumah sederhana berdiri. Meski terbuat dari kayu berdinding papan, tetapi paling tidak, Usna tidak lagi harus menumpang di rumah kerabatnya di sebuah barak milik perusahaan perkebunan kelapa sawit itu  selama bertahun-tahun. 


"Kami merasa iba melihat nasib Usna, salah satu warga desa kami yang kesehariannya sebagai buruh menyadap karet. Dia tidak punya tempat tinggal ataupun lahan pekarangan. Dan beberapa hari lalu kami bersama puluhan warga sepakat untuk bergotong royong membuatkan rumah pada hari ini. Sementara lahannya kami meminta izin di PT Surya Bumi Agro Langgeng, perusahaan perkebunan kelapa sawit untuk menumpang sementara," ujar Kades. 

Diakui Kades bahwa pemerintah desa  telah mengusulkan bantuan kepada pemerintah kabupaten PALI agar Usna mendapat bantuan bedah rumah. 


"Namun terkendala lahan pekarangan, ajuan mendapat bantuan bedah rumah tidak memenuhi syarat. Karena Usna jangankan untuk memiliki lahan, untuk mencukupi kebutuhan hidupnya saja kesulitan. Tetapi berkat gotong royong masyarakat, alhamdulillah Usna bisa memiliki rumah," terangnya. 

Kades juga mengungkapkan bahwa budaya gotong royong di desanya akan terus dipelihara agar terjalin kebersamaan antar warga. 

"Pekerjaan berat jadi ringan dan kebersamaan antar warga tetap terjalin. Kami berharap kedepan budaya ini tidak punah, karena kita hidup saling membutuhkan antara yang mampu dan yang kurang mampu. Dan atas berdirinya rumah sederhana ini, kami berharap bisa bermanfaat bagi Usna dan keluarga," harapnya. (sn/perry)
Share:

No comments:

Post a Comment


Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts