Sungai Lematang Masih Normal, Tapi BPBD PALI Himbau Warga Tetap Waspada


PALI. SININEWS.COM -- Cuaca ekstrem kerap melanda di wilayah Bumi Serepat Serasan akhir-akhir ini, dimana curah hujan cukup tinggi yang disertai angin kencang serta petir. Tentu hal ini harus diwaspadai masyarakat terutama saat cuaca tidak mendukung tiba terlebih bagi penduduk yang pemukimannya berada di sekitar bantaran sungai Lematang yang setiap saat bencana banjir mengintai. 

Atas dasar itulah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) melakukan patroli disepanjang sungai Lematang wilayah kecamatan Tanah Abang dengan menerjunkan empat unit perahu karet dan satu speedboad berkapasitas delapan orang dengan jumlah personil 30 orang.

Dikatakan Junaidi Anuar, kepala BPBD PALI bahwa patroli itu dilakukan sebagai pemantauan pihaknya antisipasi bahaya banjir yang biasa terjadi kala intensitas hujan tinggi. 

"Sepanjang ini kondisi air sungai Lematang normal, namun curah hujan cukup tinggi sehingga kondisi air ada kemungkinan akan naik terutama bila hujan terjadi di hulu sungai," kata Junaidi, Minggu (27/12).

Untuk itu, Junaidi menyampaikan himbauannya kepada masyarakat yang berada di daerah aliran sungai Lematang agar tetap waspada dengan kondisi cuaca saat ini.

"Apabila debit air sungai Lematang naik dan meluap, segera lapor ke petugas kami agar bencana bisa ditanggulangi dengan cepat," imbuhnya. 

Disamping menghimbau warga disekitar bantaran sungai Lematang, Junaidi juga menyarankan kepada pengguna jalan ketika cuaca ekstrem tiba, untuk berhenti dan berteduh mencari tempat aman. 

"Jangan paksakan perjalanan apabila hujan disertai angin kencang datang, sebab saat cuaca seperti itu sangat rentan adanya pohon roboh. Jadi segera menepi dan mencari tempat aman. Apabila cuaca sudah mereda, maka silahkan lanjutkan perjalanan," tutupnya. (sn/perry)


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts