Nasib Jalan Poros Simpang Raja-Jerambah Besi



foto. doc



PALI. SININEWS.COM -- Rusaknya jalan poros Simpang Raja-Jerambah Besi Kecamatan Talang Ubi menuju Kecamatan Tanah Abang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) terutama jalur yang dilalui angkatan kayu milik PT Musi Hutan Persada (MHP) secara tegas tidak akan diperbaiki pemerintah kabupaten PALI lantaran akan percuma dilakukan perbaikan karena kapasitas angkutan perusahaan MHP jauh tidak sebanding dengan kekuatan jalan yang telah dibangun melalui APBD PALI. 


Hal itu dikemukakan Hilmansyah, kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten PALI beberapa waktu lalu. 

Menurut Hilmansyah bahwa perbaikan jalan yang saat ini kondisinya rusak sudah kewajiban perusahaan yang kerap lalulalang di jalur tersebut dalam hal ini yang paling bertanggung jawab adalah PT MHP. 

"Aktivitas angkatan kayu MHP cukup padat dan berat kendaraan serta muatannya diluar ambang batas atau overload. Jalan yang telah dibangun oleh pemerintah hanya kapasitasnya tidak lebih dari 8 ton, namun akibat dilalui kendaraan overload akhirnya rusak parah," Kata Hilmansyah. 

Diakuinya bahwa dari pantauan pihak PU memang PT MHP tengah memperbaiki beberapa titik jalan yang rusak hanya saja akan percuma karena perbaikan itu tidak akan lama kualitasnya. Hilmansyah juga menyebut tidak pernah dihubungi oleh PT MHP terkait perbaikan jalan yang seharusnya pemerintah tahu kapan pelaksanaannya, target, volume serta siapa pelaksananya. 

"Yang kami sayangkan tidak ada koordinasi dengan kami untuk lakukan perbaikan. Kalau secara teknis konstruksi, perbaikan yang tengah dilakukan pihak MHP hanya membuang-buang uang saja. Kecuali kualitas pengecoran volumenya seperti pengecoran untuk jalan tol, karena memang berat kendaraan serta muatan angkutan kayu lebih dari 40 ton," tandasnya. 

Hilmansyah juga menyarankan agar pihak PT MHP membangun jalan sendiri. "Solusinya membuat jalan sendiri. Panjangnya lebih kurang 2 km. Kalau kami dari pemerintah kabupaten PALI tidak akan memperbaiki jalan itu selama dipakai PT MHP," tegasnya. 

Sementara itu, pihak PT MHP belum memberikan klasifikasinya terkait perbaikan jalan. Namun sebelumnya Iyan Adha perwakilan PT MHP secara singkat mengatakan bahwa dirinya akan berkoordinasi dengan bagian konstruksi. (sn/perry)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts