Persiapan Pendataan Keluarga, DPPKBPPPA PALI Ajak Kades Ikuti Sosialisasi PK21


PALI. SININEWS.COM -- Jelang pelaksanaan Pendataan Keluarga tahun 2021 (PK21) di kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang akan digelar mulai tanggal 1 April sampai 31 Mei 2021, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) PALI kumpulkan seluruh kepala desa, lurah, Camat, ormas dan instansi terkait untuk ikuti sosialisasi PK21 di Gedung Pesos Komplek Pertamina Pendopo, Rabu (3/3/21).


Kegiatan tersebut dibuka Plh Bupati PALI melalui Asisten II Husman Gumanti dihadiri humas Pertamina Pendopo serta sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat di kabupaten PALI. Pada kegiatan tersebut, panitia tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan mengatur jarak tempat duduk, peserta wajib mencuci tangan sebelum masuk ke gedung dan memakai masker yang sudah disediakan panitia. 


"Pendataan keluarga merupakan kegiatan strategis program pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana) untuk kepentingan perencanaan evaluasi dan pengukuran kinerja sampai wilayah administrasi terkecil. Oleh karena itu semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini dituntut untuk bekerja keras serta memiliki semangat dan komitmen yang tinggi untuk mensukseskannya," ujar Dra Hj Yenni Nopriani MSi, kepala DPPKBPPPA PALI. 



Sebelum pelaksanaan pendataan keluarga tahun 2021 (PK21) yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 April sampai dengan 31 Mei 2021 Yenni menerangkan bahwa pihaknya melakukan persiapan antara lain pemetaan wilayah mulai dari RT, RW, Desa, Kecamatan beserta jumlah KK. 


"Kemudian penunjukkan manager data, Manager pengelola ,supervisor, kader pendata PK21 berdasarkan SK kepala dinas. Selanjutnya pelatihan tim teaching kebupaten PALI di BKKBN Sumsel. Sosialisasi PK21 kepada seluruh OPD, camat, kades /lurah, ormas lainnya yang dilaksanakan saat ini," terangnya.


Persiapan lainnya jelang pelaksanaan PK21 ditambahkan Yenni dengan orientasi kader pendata oleh tim teaching kabupaten di 5 kecamatan juga pembentukan posko posko tingkat kabupaten dan kecamatan.


"Nantinya pendataan keluarga dengan cara mendatangi rumah ke rumah dan pengentrian hasil pendataan keluarga oleh kader pendata pada 1 april - 31 mei. Saat pendataan, petugas memakai APD lengkap dalam menerapkan protokol kesehatan. Setelah pendataan akan ada sarasehan hasil pendataan keluarga pada bulan juni mendatang," tambahnya. 



Yenni juga berharap PK21 di PALI berjalan lancar dan sukses didukung semua elemen masyarakat.


"PK21 ini sangat penting  untuk menghasilkan data yang akurat by name by address menuju “SATU DATA KELUARGA INDONESIA" yang mudah-mudahan pada pelaksanaanya nanti bisa berjalan sesuai rencana," harapnya 


Sementara itu, Plh Bupati PALI melalui Asisten II Husman Gumanti berpesan  kepada petugas atau penyuluh untuk  kiranya dapat melaksanakan tugas sesuai harapan dan penuh rasa tanggungjawab.


"Dalam sosialisasi ini simak dan manfaatkan waktu ini untuk berdiskusi  bertanya kepada narasumber agar saat pelaksanaannya nanti bisa terlaksana  sesuai prosedur. Pasalnya petugas nanti akan turun kelapangan mendata satu per satu rumah warga. Juga peran Kades diharapkan bisa membantu program pendataan ini," pesan Husman Gumanti. (sn/perry)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers


Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts