DESA LUBUK TAMPUI GELAR PEMBEKALAN RELAWAN SDGs


PALI. SININEWS.COM -- Berdasarkan surat Edaran Kemendes PDTT Dirjend Pembangunan Desa kepada Kepala Daerah Gubernur/Bupati/Walikota dan Kepala Desa seluruh Indonesia, nomor 5/PR/03.01/III/2021 perihal Pemuktahiran Data IDM berbasis SDGs.


SDGs (Sustainable Developmen Goals) merupakan role pembangunan berkelanjutan yang masuk program perioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021, sebagaimana turunan dari Peraturan Presiden No. 59 tahun 2017 tentang tujuan Pencapaian Pembangunan Nasional berkelanjutan. 

SDGs Desa ini merupakan Program pembangunan bekelanjutan dan upaya Pemerintah mewujudkan Desa tanpa kemiskinan, Desa tanpa kelaparan,  Pertumbuhan ekonomi yang merata,  Desa peduli Kesehatan, Desa Peduli Pendidikan,  Desa berjajaring, Desa Ramah Perempuan dan Desa tanggap budaya. 

Untuk mengemplentasikan program tersebut,  Pemdes Lubuk Tampui Kecamatan Penukal utara kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).  Bergegas (29/4/2021) menggelar Sosialisasi dan pembekalan kepada Tim Relawan pendataan IDM berbasis SDGs 

Dalam sambutan Kepala Desa Lubuk Tampui Budiman M. Yusup meminta para Tim relawan pedataan dapat bekerja door to door ke rumah warga melihat langsung kondisi masyarakat  dan lakukan pendataan secara akurat dan tanggung jawab, "Sehingga data tersebut dapat masuk data base secara valid sebab data ini merupakan tolak ukur perubahan kemajuan IDM desa Lubuk Tampui kedepan," harapnya. 

Kegiatan pembekalan ini dihadiri Camat Penukal Utara diwakili Kasie Pemdes Suparmin Jaoni,  Babinsa M. Wahyudi,  Ketua BPD,  Tim TP3MD Kabupaten PALI sekaligus sebagai narasumber, PD/PLD ( Iwan/Dedy/Awek Bayumi) serta para perangkat Desa lainnya dan dilaksankan secara sederhana dengan mematuhi Protokol Kesehatan Covid 19.

Dilanjutkan Kasie Pemdes Penukal Utara Suparmin Jaoni, menghimbau pada Tim Relawan Pokja (Kelompok Kerja) agar dapat bekerja sinergi dan selalu berkoordinasi antara satu dengan yang lainnya,

"Sebagaimana perlu diketahui juga bahwa Tim Pendataan terdiri dari Perangkat Desa ini mempunyai mitra kerja diantaranya,  Pendamping Desa,  Babinsa dan Bhabinkamtibmas, sehingga Human error dalam melaksanakan tugas pendataan dapat di minimalisir," ungkapnya. 

Dilanjutkan Iwan Setiawan (PD) selaku Narasumber, dalam arahannya, mengapreasi atas gerak cepat Pemerintah Desa dalam pelaksanaan penyerapan kegiatan Dana Desa tahun 2021. Serta memberikan Juknis Pengisian Kuesioner Aplikasi SDGs yang baik dan benar. 

Disamping itu Pendamping Desa (PD) wilayah Penukal utara Dedy Menjelaskan Tujuan SDGs Desa secara rinci, pentingnya pendataan akurat untuk menentukan tipe suatu Desa,  dan  berharap kepada Kepala Desa dan Perangkatnya bersama BPD juga Masyarakat,  

"kiranya setelah mengisi Kuesioner Aplikasi SDGs ini tentunya akan mendapat inspirasi sebagai Motivasi dari kekurangan dan kelebihan yang dimiliki Desa Lubuk Tampui,  sebagai acuan dijadikan Inovasi menggali peluang potensi Desa yang akan melahirkan Usaha Desa berkelanjutan," pintanya. 

(Bungharto/SN)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts