Hilang Sertifikat Tanah? Ini Solusi dari Kepala BPN Prabumulih

FOTO : Andre mattanews.co / Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Prabumulih Ahmad Sahabudin, senin (26/4/21).

PRABUMULIH, SININEWS.COM – Sertifikat tanah merupakan bukti atau surat yang otentik dan kuat atas kepemilikan tanah yang berisi atas ukuran luas tanah pemilik yang diterbitkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).

 

Saat ini Pemerintah Pusat melalui Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan membuat Program Nasional (Prona) untuk pembuatan sertifikat tanah gratis melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) oleh BPN.

Dikutip dari sumeks.co saat ini BPN Prabumulih mendapat jatah pembuatan sertifikat batu sebanyak 11 ribu yang tersebar di 10 Desa/Kelurahan yang ada di kota nanas. 

Adapun Desa dan Kelurahan yang baka mendapatkan program sertifikat tanah gratis yakni Desa Karang Bindu, Karya Mulya, Tanjung Rambang, Rambang Senuling, Karangan dan Desa Tanjung Telang. Kemudian, Kelurahan Muntang tapus, Sungai Medang, Gunung Kemala dan Kelurahan Payuputat.

 

Namun jika anda telah memiliki sertifikat tanah yang telah terdaftar dan hilang, kini anda tak perlu khawatir. Ada beberapa syarat untuk penerbitan sertifikat baru oleh BPN.

 

Ahmad Sahabudin, Kepala Badan Pertanahan Nasional (KBPN) Kota Prabumulih mengatakan jika masyarakat kehilangan sertifikat kepemikikan tanah cukup dengan membuat laporan kehilangan kepihak Kepolisian kemudian dilanjutkan dengan membuat pengumuman kehilangan tersebut di media koran dan pihak BPN segera menerbitkan Sertifikat Baru, senin (26/4)

 

“cukup lapor kepolisi terdekat dan diumumkan dikoran biayanya ditanggung pemilik ya” ucapnya

 

Setelah pengumuman media dikoran selama 30 hari pihaknya segera memproses pencetakan surat sertifikat baru.

 

“Biaya cetak baru ada ya, tapi gak besar sekitar 100 ribu an, tapi untuk koran biasanya lebih besar semua yang bayar pemilik sertifikat” lanjutnya. (tau/sn)

 

 

 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts