BSB Prabumulih Sebarkan Barcode Qris Untuk Berzakat, Infaq dan Shadaqoh,


PRABUMULIH, SININEWS.COM - Bekerja sama dengan Baznas Kota Prabumulih,  Bank Sumsel Babel (BSB) Kota Prabumulih, memberikan kemudahan bagi masyarakat khususnya warga Prabumulih yang hendak ber-Zakat, Infaq dan shodaqoh melalui Qris ( Quick Response Code Indonesian Standard ). 


Bertempat di Masjid Al-Ikhwan Kelurahan Wonosari Kecamatan Prabumulih Utara, kegiatan Sosialisasi Zakat, Infaq dan Shodaqoh serta kerjasama pemasangan Qris bersama BSB Prabumulih di seluruh Masjid di kota Prabumulih tersebut digelar, Senin (19/4/2021).


Dalam sambutannya, Ketua Baznas Kota Prabumulih, H Najamudin, menyebutkan, kegiatan ini diadakan dalam rangka membantu memudahkan masyarakat untuk berzakat, infaq, dan shodaqoh. "Yang mana, Baznas sendiri merupakan wadah yang telah memiliki payung hukumnya untuk bertugas mencatat, mengumpulkan, dan menyalurkan zakat, infaq, shodaqoh yang masuk nantinya," terangnya saat itu. 


Sedangkan ditempat yang sama, Pimpinan Bank Sumsel Babel Kota Prabumulih, Tian Kadaumpu Yamin, menerangkan, Diawalinya kegiatan ini berawal dari diterbitkannya Qris  Palembang Indonesia. Yang mana bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam pembayaran apapun. "Dan kami bersumbangsih dengan kami bekerja sama dengan pihak Baznas Prabumulih. Yang mana untuk bisa menyampaikan zakat, infaq dan shodaqoh dari warga Prabumulih khususnya dengan tanpa harus keluar rumah, terlebih karena situasi saat ini," jelas Tian panggilannya. 


Qris itu sendiri, disebutkannya, merupakan sistem pembayaran melalui scan barcode. "Jadi Qris ini akan kita tempelkan di 166 masjid yang terdaftar di Baznas Kota Prabumulih. Nah, untuk cara kerjanya itu masyarakat yang akan menyalurkan infaq atau shodaqohnya cukup menscan barcode yang tertempel di masing-masing masjid yang mereka datangi melalui handphone android yang sudah memiliki akun mobile bankingnya. Dengan catatan mereka juga memiliki saldo di rekening tabungannya itu. Jadi walaupun mereka tidak membawa uang tunai, mereka masih tetap bisa berzakat, infaq dan shodaqoh," bebernya saat itu.


Sementara itu, Wakil Walikota Prabumulih H Andriansyah Fikri SH, yang saat itu hadir mengatakan, Zakat, Infaq dan Shadaqoh sebenarnya tidak asing lagi ditelinga kita, apalagi Pemkot Prabumulih melalui Baznas itu salah satunya membantu rumah tidak layak huni menjadi layak huni. Yang mana dana tersebut dikumpulkan melalui infaq ASN Pemkot Prabumulih. "Tapi kami menyambut baik dengan acara yang diselenggarakan oleh Bank Sumsel Babel ini. Dan yakin lah dana yang disampaikan akan dikelola sebaik-baiknya oleh pihak Baznas karena itu sudah terbukti dengan kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya bahkan telah diikuti perusahaan-perusahaan di kota Prabumulih ini," kata Fikri saat itu. 


Dan sambungnya, kegiatan ini harus digencarkan lagi kepada masyarakat. Karena bagi masyarakat yang belum mengerti dapat lebih mengerti lagi. "Apalagi untuk menggunakan Qris ini kan tidak bisa dipakai disemua jenis Hp tapi hanya dapat dipakai di Hp tertentu saja," harapnya seraya memperlihatkan Hp miliknya tidak bisa dipakai Qris karena bukan jenis Hp android.


Sebab masih kata dia, masyarakat kita kebanyakan beragama islam. Dan hampir semuanya menjalankan itu (zakat, infaq, dan shadaqoh, red) jadi kegiatan ini kita harap mereka mengerti. "Apalagi di kondisi saat ini kita kebanyakan diharuskan untuk tidak keluar rumah," pungkasnya. (sn/tau/ril)

Share:

No comments:

Post a Comment



Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts