TIM RELAWAN PENDATAAN SGDs TEMPIRAI SELATAN DOOR TO DOOR KE RUMAH WARGA


PALI. SININEWS.COM -- Berdasarkan surat Edaran Kemendes PDTT Dirjend Pembangunan Desa kepada 

Kepala Daerah Gubernur/Bupati/Walikota dan Kepala Desa seluruh Indonesia, nomor 5/PR/03.01/III/2021 perihal Pemuktahiran Data IDM berbasis SDGs.

SDGs (Sustainable Developmen Goals) merupakan role pembangunan berkelanjutan yang masuk program perioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021. Dan ini merupakan upaya Pemerintah mewujudkan Desa tanpa kemiskinan, Desa tanpa kelaparan,  Pertumbuhan ekonomi yang merata,  Desa peduli Kesehatan, Desa Peduli Pendidikan,  Desa berjajaring, Desa Ramah Perempuan dan Desa tanggap budaya. 

untuk mengemplentasikan program tersebut,  Pemdes Tempirai selatan Kecamatan Penukal utara kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).  Bergegas (6/4/2021) menggelar Sosialisasi dan pembekalan kepada Tim Relawan pendataan IDM berbasis SDGs yang telah dibentuk beberapa hari yang lalu. 

Dalam sambutan Kepala Desa Tempirai Selatan  Safikal Usman meminta para Tim relawan pedataan dapat bekerja door to door ke rumah warga melihat langsung kondisi masyarakat dan lakukan pendataan secara akurat dan tanggung jawab sehingga data tersebut dapat masuk data base secara valid.

"Sebab data ini merupakan tolak ukur perubahan kemajuan IDM desa Tempirai selatan kedepan," harapnya. 

Kegiatan Pembekalan ini dihadiri Camat Penukal Utara diwakili Kasie Pemdes Suparmin Jaoni,  PD/PLD, Ketua BPD dan Perangkat Desa ini, dilaksankan secara sederhana dengan mematuhi Protokol Kesehatan Covid 19.

Dilanjutkan Kasie Pemdes Penukal Utara Suparmin Jaoni, menghimbau pada Tim relawan agar dapat bekerja sinergi dan selalu berkoordinasi antara satu dengan yang lainnya,  "Sebagaimana perlu diketahui juga bahwa Tim Pendataan terdiri dari Perangkat Desa ini mempunyai mitra kerja diantaranya,  Pendamping Desa,  Babinsa dan Bhabinkamtibmas, sehingga Human error dalam melaksanakan tugas pendataan dapat minimalisir," ungkapnya. 

Demikian Kadin PMD PALI A Gani Akmad saat dikonfirmasi melalui Kepala Bidang TTG dan Pemberdayaan Edy Irawan,  mengapreasi atas gerak cepat Pemerintah Desa dalam pelaksanaan penyerapan kegiatan Dana Desa tahun 2021.

"Kami mengharapkan kepada Pemerintah Desa setiap pelaksanaan kegiatan agar selalu iringi penyusunan Dokumen Administrasi yang baik secara transparan dan akuntabel sehingga setiap pelaporan akan update bila dibutuhkan," pintanya. 

(Bungharto/SN)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers


Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts