TEMPIRAI TIMUR GELAR PEMBEKALAN TIM RELAWAN PENDATAAN SGDs


PALI. SININEWS.COM -- Berdasarkan surat edaran Kemendes PDTT Dirjend Pembangunan Desa kepada Kepala Daerah Gubernur/Bupati/Walikota dan Kepala Desa seluruh Indonesia, nomor 5/PR/03.01/III/2021 perihal Pemuktahiran Data IDM berbasis SDGs.


SDGs (Sustainable Developmen Goals) merupakan role pembangunan berkelanjutan yang masuk program perioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021. Dan ini merupakan upaya Pemerintah mewujudkan Desa tanpa kemiskinan, Desa tanpa kelaparan,  Pertumbuhan ekonomi yang merata,  Desa peduli Kesehatan, Desa Peduli Pendidikan,  Desa berjejaring, Desa Ramah Perempuan dan Desa tanggap budaya. 

Untuk mengemplentasikan program tersebut,  Pemdes Tempirai Timur Kecamatan Penukal utara kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).  Bergegas menggelar Sosialisasi dan pembekalan kepada Tim Relawan pendataan IDM berbasis SDGs yang telah dibentuk sepekan yang lalu, pada Rabu (7/4/21).

Dalam sambutan Kepala Desa Tempirai Timur,  M. Teguh Jaya  meminta para Tim relawan pendataan dapat bekerja mengakomodir kondisi masyarakat secara akurat dan tanggung jawab.

"Sehingga data tersebut dapat masuk data base secara valid," harapnya. 

Kegiatan pembekalan ini dihadiri Camat Penukal Utara diwakili Kasie Pemdes Suparmin Jaoni,  PD/PLD, Ketua BPD dan Perangkat Desa ini, dilaksankan secara sederhana dengan mematuhi protokol kesehatan Covid 19.

Kasie Pemdes Penukal Utara Suparmin Jaoni, menghimbau pada Tim relawan agar dapat bekerja sinergi dan selalu berkoordinasi antara satu dengan yang lainnya.

"Sebagaimana perlu diketahui juga bahwa Tim Pendataan terdiri dari Perangkat Desa ini mempunyai mitra kerja diantaranya,  Pendamping Desa,  Babinsa dan Bhabinkamtibmas, sehingga Human error dalam melaksanakan tugas pendataan dapat minimalisir," ungkapnya. 

Demikian Kadin PMD PALI A Gani Akmad saat dikonfirmasi melalui Kepala Bidang TTG dan Pemberdayaan Edy Irawan,  mengapreasi atas gerak cepat pemerintah desa dalam pelaksanaan penyerapan kegiatan Dana Desa tahun 2021.

"Kami mengharapkan kepada Pemerintah Desa setiap pelaksanaan kegiatan agar selalu diiringi penyusunan dokumen administrasi yang baik secara transparan dan akuntabel sehingga setiap pelaporan akan update bila dibutuhkan," pintanya. 

(Bungharto/SN)
Share:

No comments:

Post a Comment


Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts