Bawaslu PALI Lantik Panwascam, PKD dan PTPS untuk Awasi PSU


PALI. SININEWS.COM -- Persiapkan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang menyisakan waktu kurang dari dua pekan, dimana PSU sendiri digelar sebanyak 4 TPS terus dikebut penyelenggara Pilkada, termasuk lembaga pengawas dalam hal ini Badan Pengasas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten PALI.

Seperti pada Rabu (7/4/21), Bawaslu mengukuhkan lembaga ad hoc, yakni Panwascam, Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) dan Pengawas TPS (PTPS) di sekretariat Bawaslu PALI. 

Proses pengambilan sumpah dilakukan langsung ketua Bawaslu PALI Heru Muharam disaksikan Kordiv SDM Bawaslu PALI Basrul SAP dihadiri Kordiv Pengawasan Bawaslu Sumsel Junaidi.

"Ada dua Panwascam kita aktifkan dengan jumlah anggota 6 orang masing-masing 3 orang dalam setiap Panwascam, yaitu Panwascam Penukal Utara dan Penukal. Juga ada tiga PKD dengan jumlah anggota tiga orang karena masing-masing PKD ada satu orang anggota. Untuk PTPS jumlahnya sesusai TPS yang menggelar PSU yakni ada empat PTPS," terang Heru Muharam. 

Untuk anggota Pawascam, PKD dan PTPS diakui Heru Muharam masih mengaktifkan anggota lama, hanya saja ada tiga anggota Panwascam lama yang tidak bersedia. 

"Dari Panwascam  Penukal Utara ada 1 orang yang tidak bersedia dan dari Penukal ada 2 orang. Kemudian yang tidak bersedia dilakukan PAW," tukasnya. 


Masa kerja panwascam, PKD dan PTPS disebutkan Heru Muharam selama satu bulan sejak dilakukan pengukuhan. Pasca pelantikan seluruh anggaran Panwascam, PKD dan PTPS langsung diberi pembekalan agar menjalankan tugas sesuai tupoksinya dan menjaga netralitas juga menjaga marwah sebagai lembaga pengawas. 

"Panwascam, PKD dan PTPS merupakan bagian dari pengawas PSU bersama Bawaslu kabupaten dan Provinsi. Untuk itu kami berpesan agar netralitas dijaga dan bersama mengawasi jalannya tahapan PSU agar berjalan sukses," pungkasnya. (sn/perry)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers


Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts