HUT LANSIA NASIONAL Ke-25 PARA PENGASUH ORANG TUA JOMPO BUTUH DUKUNGAN PEMDA PALI

PALI,  Sininews. -- Sebagai mana tertuang dalam Undang Undang Nomor 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia (Lansia), pada Bab.IV Pasal 7 :Menyebutkan bahwa Pemerintah,  Masyarakat dan Keluarga Bertanggung jawab terhadap Kesejahteraan Para Lansia. 

Pada Hari Ulang Tahun ke 25 Lansia Nasional,  yang jatuh pada tanggal 29 Mei 2021, Terdata melalui akun @Kemensosri jumlah Lansia saat ini 26.82 juta jiwa atau 9,92 prosen dari jumlah penduduk Indonesia. 

Maka untuk itu para Pengasuh Orang tua Jompo (Lansia)  se Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), mendorong Pemda PALI dan berharap adanya peningkatan kepedulian terhadap orang tua Jompo ( Lansia)  yang mareka rawat setiap hari. 

Terungkap dari salah seorang Pengasuh orang tua jompo (ibu kandung nya)  Arujih 48 tahun (29/5/2021), menuturkan pada awak Media ini,  bahwa mengasuh atau merawat orang tua jompo bukan perkara gampang,  kita butuh kesabaran dan ketelatenan sehingga nilai pengabdian ini bisa menjadi amal ibadah.

Akan tetapi apabila tidak sabar akan menimbulkan fitnah dan gejolak dalam keluarga, tidak semua orang punya kesabaran untuk mengurus orang tua jompo yang cengengnya seperti anak kecil. 

Lanjut Arujih penggarap tani karet ini,  saya sudah mengurus ibu ku ini sudah 4 tahun yang harus diurus seperti anak kecil. 

Dimana ibu ku ini yang bernama Aisyah ini  sudah berusia 90 tahun, sejak ditinggal Bapak 7 tahun yang lalu ( almarhum) kondisi kesehatan ibu makin hari makin menurun. 

Dengan wajah memelas mengenang perjuangan pengabdian mengurus orang tua,  warga Madu Kincing Kota Baru Penukal Utara ini, berharap pada Pemda PALI agar sedekit punya perhatian pada para orang tua jompo dibumi serepat serasan ini,  diantara nya meningkatkan pelayanan Kesehatan secara rutin (kontrol Lansia)  dan bantuan asupan gizi ....harapnya. 

Hal senada diperkuat Yusri Kolbi, S. Kom salah satu penggiat sosial PALI,  membenarkan bahwa masih banyak orang tua jompo termasuk orang tua lumpuh/cacat dipesisir Desa Desa masih kurang sentuhan.

Terkait kepedulian dan Kemanusian,  Kami mendorong Pemda PALI, untuk lebih meningkatkan pelayanan Kesehatan dan bantuan Kursi roda bagi yang lumpuh....! Ujar... Yusri Kolbi. 

(Bungharto/SN).

#Umum

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers


Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts