Masih Buang Sampah di Pinggir Sungai Abab, Warga Lain 'Ngerutu'


PALI. SININEWS.COM --  Kurangnya kesadaran dari beberapa oknum masyarakat yang membuang sampah di pinggir sungai Abab tepatnya di samping jembatan Jalan Baru Telkom Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menuai cacian dari warga lain lantaran mengganggu keindahan lingkungan dan menimbulkan bau tak sedap juga sampah yang menumpuk masuk ke sungai berakibat akan menyumbat aliran sungai. 


Seperti diutarakan Jahri (57) warga sekitar yang menyayangkan warga tetap membuang sampah dipinggir sungai Abab.


"Padahal Dinas kebersihan kabupaten PALI telah menyiapkan angkutan sampah setiap hari berkeliling menjemput sampah dari rumah ke rumah, tapi masih saja ada oknum yang membuang sampah ke pinggir sungai," ucap Jahri sambil menggerutu, Minggu (23/5/21).


Jahri mengajak masyarakat sekitar sungai Abab untuk bersama-sama menjaga lingkungan dan mengawasi serta melarang oknum warga yang membuang sampah di pinggir sungai. 


"Kalau ditegur tidak juga diindahkan, maka kami akan melaporkan ke lurah atau Pemerintah kabupaten supaya warga jera dan membuang sampah pada tempatnya. Sebab, kalau dibiarkan, sungai akan tercemar dan ketika musim hujan banjir selalu terjadi," tukasnya. 


Sementara itu Kodsi Iskandar, Sekretaris Dinas LH menghimbau warga agar tidak membuang sampah di pinggir jembatan Jalan Baru Telkom karena dikhawatirkan mengganggu jaringan listrik serta jaringan telekomunikasi yang berada dibawah tanah sekitar jembatan. 


"Dampaknya bukan hanya lingkungan atau banjir, tapi juga disekitar jembatan itu banyak jaringan listrik dan telkom. Kalau jaringan itu rusak tertimbun sampah yang rugi orang banyak. Dalam mengatasi sampah di sekitar jalan Baru, kami telah menyiapkan bak sampah dan mobil angkutan sampah, dan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya, kami akan memasang spanduk disekitar jembatan agar tidak membuang sampah disana," terangnya. (sn/perry)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts