MUSDESUS PEMUKTAHIRAN, PEMDES TEMPIRAI TETAPKAN DATA SDGs 2021


PALI. SININEWS.COM -- Berdasarkan surat Edaran Kemendes PDTT Dirjend Pembangunan Desa kepada Kepala Daerah Gubernur/Bupati/Walikota dan Kepala Desa seluruh Indonesia, nomor 5/PR/03.01/III/2021 perihal Pemuktahiran Data IDM berbasis SDGs.


SDGs (Sustainable Developmen Goals) merupakan role pembangunan berkelanjutan yang masuk program perioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021, sebagaimana turunan dari Peraturan Presiden No. 59 tahun 2017 tentang tujuan Pencapaian Pembangunan Nasional berkelanjutan. 

"SDGs Desa ini merupakan Program pembangunan bekelanjutan dan upaya Pemerintah mewujudkan Desa tanpa kemiskinan, Desa tanpa kelaparan,  Pertumbuhan ekonomi yang merata,  Desa peduli Kesehatan, Desa Peduli Pendidikan,  Desa berjejaring, Desa Ramah Perempuan dan Desa tanggap budaya," terang Ketua BPD Tempirai  Argo Sanari pada Pembukaan Musdesus Penetapan Data SDGs, Rabu (2/6/21).

Setelah melaksanakan Pendataan SDGs lebih kurang satu bulan oleh tim relawan/Pokja Pendataan maka pada Musyawarah Desa Khusus ( Musdesus) ini dapat disimpulan bahwa pendataan ini berjalan lancar dan baik serta terlapor secara online melalui Aplikasi SDGs.

Dalam laporan Ketua Tim Pokja Pendataan Sadam Jamali dihadapan para peserta Musdesus Pemuktahiran Data SDGs, bahwa selama dilapangan Tim ini melakukan pendataan dengan by name by Addrees untuk mengisi kuesioner dengan komponen sasaran :

Survey Desa,  Survey Rumah tangga,  survey Keluarga,  dan survey individu lainnya.   Sementara Untuk Survey Rumah tangga dan Survey Individu, kondisi Penduduk  Desa Tempirai  terdata 2.959  jiwa dari 750 Kepala Keluarga (KK) Terdiri 10 Dusun. 

Dilanjutkan sambutan Kepala Desa Tempirai Muhamad Jonot Syamsudin mengucapkan penghargaan atas kinerja petugas Pokja Pendataam SDGs tahun 2021, dengan cepat dan Kompak sesuai petunjuk Panduan Pendamping Desa.

Senada disampaikan Camat Penukal utara  Maka Giansar,  SH,  mengapresiasi atas kinerja Tim Pokja Pendataan, dengan bekerja secara proporsional dan tepat waktu sehingga dapat disimpulkan Musdesus Penetapan data SDGs tahun 2021, berjalan baik dan 100% selesai. 

Musdesus ini dihadiri Camat Penukal Utara  Babinsa, BPD dan tokoh Masyarkat lainya sekaligus sebagai narasumber, PD/PLD ( Iwan/Ded) serta para perangkat Desa lainnya dan dilaksankan secara sederhana dengan mematuhi Protokol Kesehatan Covid 19.

Disamping itu Pendamping Desa (PD) wilayah Penukal utara Dedy Chandra dan Iwan setiawan dengan materi yang sama,  menjelaskan dengan bangga atas dukungan Pemerintahan Desa dan BPD Tempirai  sehingga kecepatan Tim Pokja Pendataan dapat menyelesaikan Data SDGs 2021 ini secara akurat dan Akuntabel.

(Bungharto/SN)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts