PEMDES PANTA DEWA GELAR MUSDESUS TETAPKAN DATA SDGs 2021


PALI. SININEWS.COM -- Berdasarkan surat Edaran Kemendes PDTT Dirjend Pembangunan Desa kepada 

Kepala Daerah Gubernur/Bupati/Walikota dan Kepala Desa seluruh Indonesia, nomor 5/PR/03.01/III/2021 perihal Pemuktahiran Data IDM berbasis SDGs.


Pemerintahan Desa Panta Dewa Ikan Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) 


 Menggelar Musyawarah Desa Khusus untuk penetapan Data Indek Desa Membangun

 (IDM) berbasis Sustainable Development Goals ( SDGs)  tahun 2021.


Dijelaskan Wandra Kepala Desa Panta Dewa pada awak media ini (28/6/2021) bahwa hampir satu bulan lebih Tim Pokja Pendataan SDGs turun kelapangan mendata berbagai survey " By name by Addrees " di   setiap Kepala Keluarga dan Dusun. 


Pada Kegiatan Musdesus ini dibuka Ketua BPD Panta Dewa dan hadiri Perwakilan Kecamatan Talang ubi,  Babinsa,  Bhabinkamtibmas, PD/PLD, Perangkat Desa dan Tokoh Masyarkat lainya. 


Dilanjutkan laporan secara rinci Ketua Tim Pokja SDGs  Sekretaris Desa, bahwa pendataan SDGs Panta Dewa meliputi  berbagai survey, antara lain survey Rumah tangga dan survey Individu.


Tambah Kepala Desa yang baru menjabat 1.5 tahun ini,  dari Data IDM berbasis SDGs ini,  akan menjadi tolak ukur Pemerintah Pusat untuk menentukan status Perkembangan Pembangunan dan Ekonomi Desa Panta Dewa.


Sebagai Kepala Desa di wilayah Zona terujung diantara Desa Desa se Kecamatan Talang Ubi,   yang tentunya banyak ketertinggalan diberbagai bidang Pembangunan fisik maupun non fisik. 


Dan berharap banyak kepada Pemerintah Daerah Dan Pemerintah Pusat untuk mendorong  Desa Panta Dewa dapat Maju dan mandiri. 

Harap kepala Desa.



Dalam sambutan Kadin PMD PALI  Agani Akhmad,SH,MH melalui Kabid TTG dan Pemberdayaan Edy Irwan, SE. Msi,  mengapresiasi atas kinerja Tim Pokja Pendataan, dengan bekerja secara proporsional dan membuat laporan update melalui Aplikasi  SDGs dengan baik,  sehingga dapat disimpulkan Musdesus Penetapan data SDGs tahun 2021 Desa Panta Dewa, berjalan baik dan 100% selesai. 


Namun sebagai catatan bahwa dari pengisian kuesioner data SDGs masih banyak kekurangan yang dimiliki Desa. 

Dari dasar itulah, dalam perencanaan Desa kedepan akan menjadi acuan dalam Musyawarah Desa yang akan tuangkan dalam APBDes  tahun berikutnya. 


Juga Edy irwan menghimbau agar setiap kegiatan Pemerintahan Desa,   selalu berkoordinasi dengan instansi terkait dan melibatkan peran serta Masyarakat sehingga dapat tercipta sistem kerja yang Transparan dan Akuntabel.

Harap Kabid TTG dan Pemberdayaan ini. 


(Bungharto/SN)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers


Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts