DORONG PENGELOLAAN BUMDes CERDAS, BPKP SUMSEL HADIR DI PALI BIMTEK APLIKASI SIA BUMDes

PALI,  Sininews -- Dalam rangka mendorong peningkatan Pengelolaan dan Sistem Informasi Keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) diwilayah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi sumatera selatan. 

Jum, at (16/7/2021), Dinas PMD Kabupaten PALI menggandeng Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) wilayah Sumatera Selatan, Menggelar Bimbingan Teknis Tata Kelola dan Sistem informasi Keuangan Bumdes, diikuti peserta terdiri dari Sekretaris  dan Operator Desa sekabupaten PALI dengan mematuhi Protokol kesehatan Covid 19.

Acara dipusatkan dibalai Desa Tanah Abang Jaya Kecamatan  Tanah Abang ini,  dihadiri 4  Narasumber Profesional dari BPKP Sumsel,  Korkab TPP P3MD Riva Yanti,  Ssi. SPd.Md, Tenaga Ahli  Bumdes Taufik,SE dan didukung jajaran Dinas PMD serta PD/PLD ( Akadir dan Sutrisno) dan Perangkat Desa Tanah Abang jaya. 

Pada Bimtek ini dibuka langsung Kadin PMD Kabupaten PALI Agani Akhmad, SH, MM diwakili Kabid TTG dan Pemberdayaan Edy Irwan, SE. Msi, Dalam sambutan nya,  Kabid. TTG dan Pemberdayaan ini,  mengajak para peserta agar dapat mengikuti secara fokus dan bersungguh sungguh, sehingga berbagai materi yang disampaikan Narasumber dapat diserap dengan baik. 

Tambah Edy Irwan, Bimtek ini merupakan upaya Pemda PALI melalui Dinas PMD untuk mendorong Peningkatan SDM Pengelolaan Manajemen Badan Usaha Milik Desa, Sehingga ke depan diharapkan setiap Bumdes dapat ber inovasi sesuai Potensi Desanya masing masing, yang tentunya bila dikerjakan dengan baik akan melahirkan pilar ekonomi Kerakyatan sebagai icon kemajuan Desa. Harap... Kabid TTG dan Pemberdayaan ini. 

Demikian Muhsin, SE. MM sebagai Ketua Tim Pemberi Materi Bimtek didampingi Suharto, yang kedua nya  sebagai Mentor Ahli BPKP SUMSEL ,  menjelaskan pada awak media ini,  Bahwa kehadiranya di Kabupaten PALI untuk memberikan formula baru aplikasi SIA BUMDes suatu upaya mengedukasi para pengelola Bumdes untuk cerdas dan terampil. 

Lanjut Muhsin,  Aplikasi ini diciptakan BPKP untuk memudahkan para pengelolaan  BUMDes membuat pelaporan secara sistimatis dan terinci sesuai peruntukan Dana yang dibelanjakan.

Jelas Tim Auditor BPKP ini,  adapun tahapan pengenalan Aplikasi SIA BUMDes, dari tahapan Sosialisasi,  Bimbingan Teknis hingga penerapannya dilapangan dalam manajemen keuangan Bumdes. 

Nantinya, pihak BPKP bersama Dinas PMD PALI akan terus melakukan evaluasi secara kontinyu,  sehingga output dari Bimtek ini dapat bermenfaat dan berdaya guna untuk kemajuan BUMDes se Kabupaten PALI. 

Disamping itu,  Muhsin memberikan warning pada pengelola bumdes,  yang belum melengkapi dokumen registrasi legalitas Bumdes nya. 

Juga di himbau pada peserta Bimtek,  agar terus belajar secara berkelompok sehingga menjadi trampil dan Cerdas. Himbau... Narasumber ini. 

Dan acara ini didukungan  oleh Irwan Kepala Desa Tanah Abang Jaya sebagai fasilisator kegiatan,  menyambut baik adanya Bimtek seperti ini,  sehingga akan menambah wawasan dan Pengetahuan Pemerintahan Desa dan Pengelolaan BUMDes dengan baik.

 Namun untuk kematangan kelanjutan kegiatan Bimtek seperti ini,  Kades Tanah Abang Jaya ber harap Pada BPKP SUMSEL dan instansi terakait,  untuk terus memantau dan Meng edukasi para pengelola Bumdes se Kabupaten PALI untuk menjadikan BUMDes sebagai motor penggerak ekosistem Ekonomi kerakyatan ditengah Pandemi Covid 19.Ujar... Kades Tanah Abang Jaya. 

(Bungharto/SN)

#Umum

Share:

No comments:

Post a Comment



Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts