FKD Kota Prabumulih Gelar Bimbingan, Untuk Mewujudkan Akuntabilitas Keuangan Desa

PRABUMULIH, SININEWS.COM –- Forum Kepala Desa (FKD) kota Prabumulih menggelar bimbingan teknis sistem keuangan desa tahun 2021, di ruang Jumputan 2 Fave Hotel Prabumulih, guna mewujudkan akuntabilitas keuangan desa (Keudes), Senin (05/07).

Ketua Forum Kades Prabumulih, Asmedi C Adam SH mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada kepala desa dan juga aparatur desa dalam mengelola keuangan desa dengan baik dan benar sesuai aturan  agar tidak terjerat persoalan hukum dikemudian hari.

“Diharapkan melalui kegiatan ini, pelaksana pengelolaan keuangan desa (PPKD) dapat mengetahui tugas dan fungsi dalam pengelolaan dana desa,” ujar Asmedi dalam sambutannya.

Selain itu sambung Asmedi, dengan bimtek tersebut juga diharapkan para pengelola keuangan desa dapat mengoperasikan aplikasi sistem keuangan desa sehingga dapat mempermudah dalam membuat laporan keuangan desa.

“Karena itulah kegiatan ini kita mendatangkan nara sumber dari BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan), nanti pihak BPKP ini akan menjelaskan secara terperinci cara pengelolaan keuangan dan penyusunan laporan keuangan yang baik dan benar sesuai aturan,” bebernya.

Kegiatan Bimtek Siskeudes yang dipelopori Forum Kades Kota Prabumulih itu, mendapat apresiadi dari Asisten bidang pemerintahan setda Kota Prabumulih, Drs Aris Priadi MSi. “Kami pemerintah kota sangat mengapresiasi kegiatan ini, kami berharap peserta serius dalam mengikuti kegiatan ini sehingga dapat menyerap ilmu yang diberikan,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kota Prabumulih, Fauzan Akmal SSTP menuturkan, kegiatan yang digagas Forum Kades itu bertujuan untuk lebih meningkatkan kemampuan perangkat desa dalam penyusunan anggaran dan pelaporan penggunaan anggaran dengan menggunakan sistem aplikasi.

“Diharapkan dengan bimtek ini, perangkat desa menjadi lebih paham dalam penyusunan maupun penggunaan serta pelaporan keuangan desa,” ungkap Kadis PMD tersebut seraya mengatakan kendala yang kerap ditemui pemerintah desa dalam pelaksanaan pelaporan anggaran yaitu karena jaringan dan juga adanya pembaharuan sistem. 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers


Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts