Pemilihan Ketua RT - RW Jelas Mengacu Pada Perwako


PRABUMULIH, SININEWS.COM — Peraturan Walikota (Perwako) mengacu Pemilihan Ketua Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) di Kelurahan.

Lurah Prabujaya Justanhar Firmansyah SE menjelaskan mengenai Pemiliahn RW - RT saat berada di Lantai 1 Gedung Pemkot usai mengikuti Rapat dengan Walikota.

Diakuinya saat ini memang belum ada pergantian atau pemilihan terhadap RW/RT baik karena habisnya masa jabatan maupun berhenti atau mengundurkan diri dan lain sebagainya.

“Saat ini belum ada pergantian atau pemilihan Rw atau Rt yang kita lakukan,dan kalau memang ada tetap akan kita laksanakan perdasarkan Perwako,” katanya, Senin (5/7).

Lanjut,disinggung tentang adanya aturan lain selain Perwako,mantan Lurah Sukajadi ini mengatakan ada suatu kebijakan lain yang bisa disimpulkan,tapi jelas pihaknya tidak serta merta bisa mengambil keputusan.

“Semisal warga setempat mengusulkan nama nama calon Rw/Rt ataupun saya sendiri mengusulkan nama calon,tetap saya sebagai lurah harus berkordinasi dengan Camat dan selanjutnya ke Walikota,” terang Justanhar F.

Sementara, Camat Prabumulih Jhoni Panhar saat dihubungi melalui sambungan telepon menegaskan ditetapkannya Ketua RW/RW tetap berdasarkan Perwako.

“Usulan nama bisa dari masyarakat tapi lurah juga punya hak mutlak untuk menetukan nama yang bakal jadi Ketua Rw/Rt,” terangnya.

Masih Camat,untuk Wilayah Kelurahan pastinya Lurah lebih tahu mana yang dipercayanya untuk menjadi ketua RW/RT.

“Jelasnya tidak ada pemilihan secara langsung,tetapi sebelum ditetapkan atau diberikan SK sebagai Ketua Rw/Rt harus kordinasi dengan Camat dan selanjutnya ke Pejabat Pemkot,bisa para Asisten dan mungkin langsung ke Walikota,” pungkasnya.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers


Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts