SOSIALISASI BUDIDAYA TANAMAN KARET, KKN UNSRI 94 GANDENG PEMDES TANJUNG BARU


PALI. SININEWS.COM -- Dalam rangka mendorong dan mengedukasi Seputar Pertanian Karet pada warga Desa Tanjung Baru Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) fakultas Pertanian KKN UNSRI angkatan 94 bersama Pemdes Tanjung Baru ( 10/7/2021), Menggelar Sosialisasi Budidaya Tanaman Karet dan pembuatan Pupuk Organik berbasis limbah Sayuran rumahan. 


Acara yang digelar di aula pertemuan Desa Tanjung Baru ini, dihadiri para Petani Karet dan Aparatur Desa, disambut antusias dan berstandar Prokes Covid 19 ini berjalan lancar dan baik. 


Dalam sambutan Pembukaan Sosialisasi oleh Riski Tambunan Ketua kelompok KKN UNSRI 94 wilayah Tajung baru,  didampingi Kepala Desa Asep Yuadi dan rekannya diberbagai disiplin Ilmu, mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemdes Tanjung Baru sehingga sosialisasi ini dapat terselenggara dengan baik.


Kegiatan inti sosialisasi Budidaya Tanaman karet dan pembuatan pupuk Organik berbasis limbah sayur rumahan ini, 


Dimana pada Materi Budidaya Tanaman karet, dipaparkan oleh Akbar Romadhan dan Hendri

Yang mana kedua Mahasiswa ini menyampaikan secara rinci,

Pengelolaan tanaman karet, dari pembibitan, penanaman,  perawatan,  dan panen hingga skema penanggulangan hama / penyakit pada tanaman karet. 


Pada segmen ini,  ada beberapa pertanyaan para peserta terkait mengatasi penyakit tanaman karet, antara lain gugur daun dan jamur akar putih pada tanaman karet. 


Sehingga para mahasiswa fakultas pertanian ini menginisiasi kasus ini dengan bijak, yaitu fokus pada perawatan.


Dilanjutkan pada pembuatan Molase Organik Lokal (MOL) dan meng aplikasikan pada limbah sayuran sehingga menjadi pupuk organik. 

Pada prakteknya dipandu oleh Ahmad Nisar, Riski Tambunan, Ari dan ivan.


Sehingga pada segmen ini menarik perhatian peserta dengan serius,  dimana para mahasiswa fakultas pertanian ini, mendemontrasikan pupuk organik berbahan bonggol pisang,  air cucian beras dan gula merah. 


Melihat kondisi ini salah satu peserta Sosialisasi, Ramsy menyambut baik atas ajakan para akademisi pertanian ini menfaatkan limbah sayuran untuk dijadikan pupuk organik dengan biaya murah dan efektif. 


Demikian Sambutan Asep Yuadi Kades Tanjung Baru,  mengapreasi atas kepedulian para Mahasiswa KKN UNSRI 94, sedikit berbagi ilmu dan pengalamam pada warganya. 


Jelasnya disamping seputar pertanian,  ada juga kegiatan para Mahasiswa ini mengedukasi pentingnya kesehatan, dampak stunting dan motivasi peran para pemuda dalam pembangunan disegala bidang. 


Kepala Desa yang bertelenta energik ini,  pada kesempatan ini mengajak warganya dan para Mahasiswa KKN UNSRI 94 ini, tetap waspada  terhadap penyebaran Covid 19 dengan cara mematuhi protokol kesehatan dan menjaga jarak.

Ajakan Asep Yuadi. 


(Bungharti/SN)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers


Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts