Tenang! DPMD PALI Berupaya Keras Agar 26 Desa Persiapan Jadi Desa Definitif


PALI. SININEWS.COM -- Adanya berita terkait terancamnya 26 desa Persiapan gagal menjadi desa definitif dan akan dikembalikan ke desa induk diutarakan A Gani Akhmad kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) agar masyarakat tetap tenang karena belum adanya keputusan akhir tim verifikasi pemekaran desa dan hingga saat ini, DPMD PALI terus berjuang agar 26 desa persiapan seluruhnya menjadi desa definitif. 


"Hingga saat ini masih dalam tahap verifikasi dan belum ada putusan apakah desa-desa persiapan gagal jadi definitif atau lolos. Untuk itu masyarakat tenang dan sabar menanti putusan akhir. Dan sampai saat ini kami terus berjuang melengkapi berkas pendukung sebagai syarat pemekaran desa, tentunya yang bisa kami kerjakan agar 26 desa persiapan lolos menjadi desa definitif," ujar A Gani Akhmad, Kamis (29/7/21).

Sementara itu Yoga mantan kepala desa persiapan Tanah Abang Timur meminta kepada pemerintah kabupaten PALI atau pemerintah provinsi Sumatera Selatan untuk mencari solusi lain jangan langsung serta merta desa persiapan dikembalikan ke desa Induk. 

"Kami sudah susah payah membentuk dan mengusulkan desa kami sebagai desa persiapan untuk menjadi desa definitif. Memang kalau mengacu pada undang-undang atau peraturan menteri, kami desa persiapan belum ada yang memenuhi syarat tapi kami minta cari solusi lain agar masyarakat tidak kecewa," kata Yoga. 

Diakui Yoga bahwa sejak desa persiapan berdiri telah banyak kemajuan disana-sini yang menunjukkan bahwa dengan adanya desa persiapan banyak membawa manfaat. 

"Sudah banyak aset desa yang dimiliki desa persiapan sejak berdiri serta kemajuan pembangunan sudah terlihat juga geliat ekonomi masyarakat sudah terasa. Jadi sayang kalau dilebur kembali ke desa Induk yang tentunya dikhawatirkan akan memantik kegaduhan ditengah masyarakat karena masyarakat berperan dalam membentuk desa persiapan," tandasnya. 

Terpisah, Menriadi kepala desa definitif Talang Bulang menyatakan bahwa dirinya dan masyarakat siap menerima kembali desa persiapan Talang Bulang Selatan apabila pemerintah memutuskan untuk membatalkan desa persiapan menjadi desa definitif. 

"Kami patuh aturan pemerintah. Tapi alangkah baiknya dicarikan solusi lain supaya masyarakat tidak kecewa. Namun pada intinya pemerintah desa persiapan siap laksanakan apapun putusan pemerintah," ucap Kades Talang Bulang. (sn/perry)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers


Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts