BanGub untuk 26 Desa Persiapan di PALI Caer


Palembang. SININEWS.COM -- Sebanyak 26 desa persiapan yang ada di kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) hari ini, Jumat (8/10/21) menerima Bantuan Gubernur (BanGub) Sumatera Selatan sebesar Rp 100 juta untuk masing-masing desa penerima. 


Hal itu diketahui saat Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru melakukan penyerahan bantuan keuangan kepada pemerintah desa persiapan yang ada di provinsi Sumatera Selatan dan penyerahan hadiah pemenang lomba desa juga kelurahan tingkat provinsi Sumatera Selatan tahun 2021 di Griya Agung.

Pada penyerahan bantuan itu, bukan hanya untuk desa persiapan yang ada di kabupaten PALI saja, melainkan ada 70 desa persiapan dari 7 kabupaten yang ada di provinsi Sumatera Selatan. 

Adapun peruntukan BanGub tersebut adalah untuk operasional PKK, ke dua untuk kegiatan kepemudaan dan olahraga. Lalu yang ketiga untuk operasional dan kegiatan posyandu. Ke empat operasional kepala desa dan perangkatnya. Kemudian ke lima pengadaan kendaraan roda dua yang ke enam sarana prasarana kantor desa, dan ke tujuh untuk alat tulis kantor juga pelaporan.

Dikemukakan Gubernur Sumatera Selatan, bahwa di provinsi Sumatera Selatan ada 70 desa yang belum sempat definitif karena berbagai macam alasan. 

"Lahirnya desa persiapan itu pasti usulan dari bawah. Tentu saja ada perjuangan dan tujuan adanya pemekaran. Untuk itu, Pemprov berinisiasi meregister desa persiapan yang diakui ditingkat provinsi sambil menunggu amandemen atau perubahan pasal pada UU no 6 tahun 2014," ujar Gubernur. 

Ditambahkan Gubernur bahwa dana yang diserahkan kepada desa persiapan adalah bantuan yang bukan kewajiban gubernur yang tentunya harus ada pertanggungjawabannya. 

"Apabila dana ini tidak berdampak di desanya, maka tahun depan bantuan ini tidak akan seluruh desa persiapan menerima. Bantuan hanya diterima oleh desa persiapan yang terlihat geliatnya oleh adanya bantuan ini," tandasnya. 

Sementara itu, A Gani Akhmad, kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) kabupaten PALI mengimbau seluruh Kades Persiapan untuk menjalankan arahan dari Gubernur. 

"BanGub itu sudah ada peruntukannya, maka dari itu laksanakan semaksimal mungkin untuk bangun desa," tandasnya. (sn/perry)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers


Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts