DPPKBPPPA PALI Ajak Pelajar Jauhi Nikah Usia Anak


PALI. SININEWS.COM -- Meningkatkan pemahaman sumber daya manusia Dinas PPPA propinsi sumatera selatan bersama dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA ) kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) selaku leading sektor dalam perlindingan anak menyelenggarakan kegiatan sosialisasi upaya percepatan pencegahan perkawinan anak.


Kegiatan tersebut di laksanakan pada Rabu (10/11/21) di SMA YKPP Pendopo dihadiri kepala Dinas PPKBPPPA kabupaten PALI Dra Hj Yenni Nopriani, Bariyanti Arthini Kasi Perlindungan Khusus Anak DPPPA  propinsi Sumatera Selatan, Vera Bekti Rahayu, Psikolog DPPPA propinsi Sumatera Selatan serta puluhan peserta sosialisasi.


Dijelaskan Yenni Nopriani, kepala DPPKBPPPA PALI bahwa kegiatan tersebut di laksanakan karena  meningkatnya kejadian pernikahan yang menimpa anak-anak di masa pandemi covid 19.


"Seperti diketahui bahwa meningkatnya pernikahan usia anak di masa pandemi ini terjadi akibat permasalahan ekonomi , perubahan pola hidup. Dimana masyarakat yang harus bekerja dari rumah, anak anak bersekolah dari rumah dan tidak dapat berpergian maupun beraktifitas secara bebas sebagaimana biasa dilakukan sebelum masa pandemi.


Hal tersebut terjadi karena di pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu ekonomi dan sosial , situasi perekomian orang tua yang semakin sulit memberikan dampak turunnya kualitas dan kuantitas kepengasuhan anak sehingga dalam kesehariannya anak kurang mendapatkan pengawasan yang memadai," ungkap Yenni Nopriani. 


Ditambahkan Yenni bahwa atas dampak itu membuat anak menjadi rentan terhadap paparan hal-hal yang negatif.


"Selain faktor ekonomi dan sosial, penyebab lainnya yang dapat mendorong meningkatnya perkawinan anak yaitu adanya celah aturan dan budaya yang memungkinkan di perbolehkan pernikahan  anak," tukasnya. 


Yenni berharap dari kegiatan sosialisasi tersebut dapat menambah wawasan pengetahuan, mengenai kesehatan reproduksi anak jika menjadi ibu.


"Lalu tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut untuk menekan peningkatan angka pernikahan usia anak di kabupaten PALI dan supaya tidak menimbulkan permasalahan baru yang lebih pelik apabila tidak ada  tindakan atau upaya pencegahan," harapnya. (sn/perry)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers


Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts