MUSRENBANGDES PRABUMENANG TETAPKAN 16 POINT KEGIATAN SKALA PERIORITAS TA. 2022


PALI. SININEWS.COM -- Dalam upaya meningkatkan pelayanan pada Masyarakat, Pemerintahan Desa Prabumenang Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)


Jum,at (26/11/2021), Menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun anggaran 2022, acara yang dipusatkan balai Desa ini, dihadiri  Sekretaris Dinas PMD PALI Mardiansyah,SH, Camat Penukal Utara Maka Giansar,SH, TP3MD Dedy Chandra dan Iwan Setiwan, Babhinkamtibmas, BPD, jajaran aparatur Desa, Tokoh Adat serta Tokoh Masyarakat Lainya.


Pembukaan Resmi oleh Kepala Dinas PMD diwakili Sekretaris Dinas Mardiansyah, SH dalam sambutanya mendorong pada setiap pelaksanaan kegiatan Pemerintahan Desa hendaknya Transparan dan akuntabel,


Sehingga tidak terjadi gagal paham yang ditafsirkan oleh Masyarakat, dalam berbagai kegiatan, baik fisik maupun non fisik.


Senada disampaikan Maka Giansar,SH Camat Penukal utara, dalam setiap Pembangunan Desa diperlukan peran serta berbagai  lapisan Masyarakat, baik dibidang Pengawasan maupun dukungan agar kegiatan di Desa agar dapat terlaksanakan dengan baik.


Disamping itu, Camat memberikan panduan juknis usulan Masyarakat ke Pemda PALI, hendaknya bermuara dari Pintu Pemerintahan Desa diteruskan ke Kecamatan dan dilanjutkan ke Kabupaten, dengan karidor satu arah Sistem Informasi Pembangunan Daerah ( SIPD).


Dan bila Proposal tidak termuat dalam Aplikasi SIPD, maka kecil kemungkin usulan Masyarakat dapat diakomudir dalam program tahunan Pemda PALI.


Selanjutnya dalam pemaparan Kepala Desa Prabumenang Abu Rustoni,Sip, 

Berdasarkan hasil Musdus dan Musdes beberapa bulan yang lalu, yang telah dikaji secara seksama oleh Tim 9 RKPDes disepakati bersama BPD dan unsur Aparatur Desa terkait.


Sehingga pada hari ini  ditetapkan 16 Point skala perioritas Pembangunan Pemdes Prabumenang tahun 2022, antara lain :


1, Pembangunan gedung serba guna (multifungsi)

2.Pembangunan Kantor Kepala Desa

3, Peningkatan Drainase (Parit)

4, Peningkatan balai Dusun II.

5, Pembangunan jembatan (titian Produksi)

6, Pagar Lapangan Voly ball

7, Jalan setapak Produksi

8, Pengadaan Ambulan Desa

9, Pengadaan Tanah Desa

10, Pengadaan Penampungan Sampah

11, Pengadaan penerangan lampu jalan.

12, Pengadaan wifi gratis

13, Pengadaan anak Kambing

14, sosialisasi Hukum Pidana/perdata

15, Pelatihan Budidaya Tanamam anggur

16, Sosialisasi Mengenal Media lebih Dekat.


Tambah Abul Rustoni, beberapa rencana kegiatan dimaksud, akan dapat terialisasi sesuai kondisi keuangan APBDes 2022, baik Dana Desa maupun ADD.


Dan bila anggaran tidak mencukupi, Pemdes Prabumenang ( Kepala Desa, BPD dan Tim 9 RKPDes), akan berupaya mencari solusi ke pihak Pemda PALI, Termasuk Tingkat Provinsi maupun Pemerintahan pusat.


Demikian, Jaal Ketua BPD, mengapresiasi atas terakomudir Aspirasi Masyarakat Prabumenang yang terjaring dalam Reses BPD dari Dusun ke dusun dan sumbangsih saran para tokoh Masyarakat lainya.


Dihadapan Peserta Musyawarah, Ketua BPD ini mengajak masyarakat secara aktif mendukung berbagai Pembangunan Desa, mengingat kemajuan masa depan Prabumenang berada dipundak Pemerintahan Desa dan semua lapisan Masyarakat.


( Bungharto/SN)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts