TP. PKK DESA PERSIAPAN TANDING JAYA GELAR PELATIHAN UP2K DAN POSYANDU


PALI. SININEWS.COM -- Meningkatkan ketrampilan dan maksimalkan fungsi Kelompok Kerja (Pokja) III Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Desa Persiapan Tanding Jaya Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Senin (15/11/2021), Menggelar Pelatihan Usaha Peningkatan Penghasilan Keluarga (UP2K).

Acara yang dipusatkan dibalai Desa ini,  dihadiri Camat Penukal utara, Kepala Puskemas Tempirai (sekaligus sebagai Nara Sumber), Jajaran TP. PKK, Kader Posyandu, Karang Taruna, dan Perangkat Desa ini berjalan lancar dengan standar Protokol kesehatan Covid 19.


Dalam sambutan pembukaan Ketua TP. PKK Desa Persiapan Tanding Jaya Eva Anggreini Suparmin, mengajak para Kader PKK dan Posyandu untuk dapat mengikuti Pelatihan ini bersungguh sungguh.


Dan diharapkan dengan pembekalan materi yang disampaikan para Nara sumber dapat bermenfaat sebagai panduan kerja para Kelompok Kerja (Pokja) dan Kader Posyandu dalam mengemplentasikannya ditengah Masyarakat. 


Dilanjutkan Suparmin Jaoni Kepala Desa Persiapan Tanding Jaya,  menyatakan dengan tegas bahwa pihak Pemerintahan Desa tetap konsisten untuk mendukung seluruh kegiatan TP. PKK, Posyandu dan Karang Taruna serta kegiatan lainya sepanjang untuk kepentingan Masyarakat. 


Ungkap Suparmin Jaoni,  meskipun Tanding Jaya masih berstatus Desa Persiapan dan anggaran Desa terbatas sekali,  namun ajakannya bersama warga eks Trans Tanding Jaya tetap semangat secara bergotong royong untuk membangun ekonomi Keluarga melalui 10 Program PKK yang tentunya berdampak positif untuk kemajuan Desa Tanding Jaya. 


Demikian arahan Maka Giansar, SH selaku Camat Penukal utara, mengapreasi atas semangat warga Tanding Jaya berpartisipasi dalam membangun Desa. 


Motivasi pembekalan,  Camat memberikan kesempatan terbuka bagi warga Masyarakat yang memiliki berbagai ketrampilan yang tergabung dalam PKK, Posyandu dan Karang Taruna untuk ikut berkompetisi ditingkat Kecamatan maupun Kabupaten, bahkan ke tingkat Provinsi sumatera selatan. 


Melihat adanya beberapa potensi alam dan sumber daya Manusia (SDM) yang dimiliki Desa Tanding Jaya,  


antara lain Pelapah sawit bisa diolah menjadi bakul buah/Makanan dan Tirai/Kerei teras rumah,  Pembuatan Tempe, Tahu dan susu Kacang kedelai, termasuk membuat jamu herbal alami yang berbahan baku rempah rempah. Serta yang lebih menarik kaum emak emak ini mampu membuat sirup berbahan baku daun pisang. 


Camat Penukal Utara ini,  menyambut baik dan akan menginisiasi ke Pemdes setempat dan instansi terkait untuk di bina secara berkelanjutan dan hasil produksi rumahan dikemas dengan baik sehingga dapat melahirkan pendapatan Keluarga dan Desa. 


Pada sisi materi Pelatihan,  H. Hazairin, SKM, M.kes, Kepala Puskemas Tempirai, memberikan pembekalan secara rinci dibidang tupoksi Kader Posyandu Balita,  dalam kegiatannya nanti 5 Kader harus mampu memberikan pemahaman di meja tugasnya masing masing, sehingga para Kader dapat berdaya guna untuk mendorong Ibu Hamil, bayi dan balita untuk hidup sehat.


Disamping setiap Kader harus paham tentang gizi dan bahan baku sumber Karbonhidrat, Protein dan Vitamin. 


Kepala Puskemas ini,  mendorong para Kader Posyandu, TP. PKK dan Karang Taruna menjadi agen kesehatan ditengah Masyarakat dengan melaksanakan Prilaku Hidup bersih dan Sehat (PHBS) 


Juga menghimbau Masyarakat agar segera melaksanakan Suntik Vaksin Covid 19, mengingat program Vaksin ini merupakan program Nasional yang diwajibkan bagi warga Negara Indonesia.###


(Bungharto/SN

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers


Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts