Pemkab PALI Ambil Alih Lahan Tidur Milik PTPN


PALI. SININEWS.COM -- Adanya lahan eks Pembibitan karet dan kelapa sawit yang berada di Desa Sukamaju kecamatan Talang Ubi kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang statusnya milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) dengan luasan 75 hektar segera dikuasai pemerintah kabupaten PALI. 


Hal itu diketahui dari keterangan Plt Kepala Dinas Pertanian kabupaten PALI Ahmad Jhoni disela kesibukannya Rabu (26/1/22).


Menurut Ahmad Jhoni yang juga kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten PALI bahwa proses pengambil alihan lahan tersebut segera dilakukan mengingat lahan itu saat ini menjadi lahan tidur. 


"Belum lama ini kita bersama pak Wabup berkunjung ke kantor pusat PTPN di provinsi Lampung untuk membahas proses peralihan lahan itu. Hanya saja memang, proses peralihan tidak bisa dilakukan secara hibah melainkan secara ganti rugi. Namun itu tidak jadi masalah karena aturannya seperti itu," ungkap Ahmad Jhoni. 


Saat pertemuan dengan petinggi PTPN, diakui Ahmad Jhoni bahwa pihak PTPN setuju lahan itu diambil alih Pemkab bahkan pihak PTPN menawarkan kerjasama pengelolaan lahan itu dengan ditanami tanaman berumur pendek. 


"Lahan itu saat ini vakum, sebelumnya memang menjadi pusat pembibitan karet dan kelapa sawit, namun sudah lama tidak dikelola dan saat ini hanya ditumbuhi semak belukar. Proses pengambil alihan segera dilakukan agar lahan itu bisa dimanfaatkan," terangnya. 


Setelah diambil alih, dikatakan Ahmad Jhoni perencanaan kedepan dalam mengelola lahan itu ada tiga opsi peruntukkannya. 


"Ada tiga opsi perencanaan pemanfaatan lahan itu, yakni menjadi pusat pendidikan Katahanan Keamanan, atau dijadikan ISI (Institut Seni Indonesia) dan opsi ketiga adalah dijadikan lahan menunjang program ketahanan pangan, misalkan penanaman jagung, ubi,  atau peternakan untuk peningkatan produksi pangan," tutupnya. (sn/perry)

Share:

No comments:

Post a Comment


Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts