Pemdes Sukamaju Dukung Penuh Upaya Pemkab PALI Ambil Alih Lahan Tidur milik PTPN



foto. net


PALI. SININEWS.COM -- Adanya rencana pemerintah kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang akan mengambil alih lahan eks pembibitan karet dan kelapa sawit milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) yang terletak di Stuntung Desa Sukamaju Kecamatan Talang Ubi kabupaten PALI disambut positif pemerintah desa setempat. 


Dukungan upaya Pemkab PALI disampaikan Kepala Desa Sukamaju, Rudini, Rabu (26/1/22).

Menurut Rudini bahwa dirinya bersama masyarakat desa Sukamaju mendukung penuh program Pemkab PALI, salah satunya pengambil alihan lahan tidur yang terletak di desanya. 

"Lahan seluas lebih kurang 75 hektar itu sudah lama tidak dikelola dan hanya jadi semak belukar. Memang tadinya bekas pembibitan kelapa sawit dan karet namun sudah beberapa tahun, lahan itu dibiarkan hanya dijaga saja," ungkap Rudini. 

Diakuinya bahwa letak lahan itu tidak begitu jauh dari pemukiman penduduk, hanya berjarak sekitar 3 kilometer. 

"Tentu saja kalau dikelola akan membawa manfaat bagi masyarakat sekitar. Terlebih rencananya akan digunakan sebagai pusat pendidikan ketahanan keamanan atau Institut Seni Indonesia (ISI) yang tentunya lokasi itu akan hidup. Dan apabila dikelola sebagai lahan penunjang program ketahanan pangan, itu jauh lebih bagus," tukasnya. 

Diketahui sebelumnya bahwa Pemkab PALI telah melakukan penjajakan dengan pihak PTPN agar lahan itu diserahkan ke Pemkab PALI. Hanya saja aturan yang mengharuskan adalah melalui ganti rugi. 

Meski ganti rugi, Pemkab PALI tidak keberatan mengingat manfaat yang didapat kedepan jauh lebih baik daripada lahan itu hanya ditumbuhi semak belukar. (sn/perry)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts