Inovasi Dari Oalahan Limbah Nanas Bakal Mendunia?

 PRABUMULIH, SININEWS.COM -  Pemerintah Kota yang di juliki sebagai Kota Nanas Kini  terus serius mengolah limbah daun nanas yang menjadi serat benang untuk dijadikan bahan pakaian.

Tidak hanya telah memproduksi seret nanas, Pemkot Prabumulih kini telah mengirim sample serat nanas ke PT Sritex untuk dilakukan penelitian.

Bahkan, Pemkot Prabumulih juga mengirim sample serat daun nanas ke Singapura dan dua negara Eropa dengan harapan akan menjadi daya tarik sebagai bahan pakaian sehingga bisa di ekspor ke luar negeri.

"Serat daun nanas sedang tahap penelitian di PT Sritex, kemarin kita mohon diteliti, kita pakai baju yang bahannya dari benang daun nanas," ungkap Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM ketika diwawancarai wartawan akhir pekan kemarin.

Ridho menuturkan, pihaknya juga saat ini telah mengirimkan sample serat daun nanas ke negara Singapura serta dua negara Eropa dan kini masih menunggu jawaban apakah serat yang dikirim bisa diterima atau tidak.

Kita masih menunggu jawaban, kalau mereka mampu menampung sebulan satu ton saja maka kita akan gerakan lagi, kita akan bantu mesin pengolalaan daun menjadi benang," beber Walikota Prabumulih dua periode itu.

Lebih lanjut pria gemar olahraga tenis lapangan itu mengaku jika negara yang dikirim sample meminta dikirim bahan serat nanas maka pemkot Prabumulih akan mengucurkan pemberian bantuan mesin-mesin mencetak daun nanas menjadi serat benang kepada masyarakat.

"Kalau mereka minta dikirim maka kita akan bantu alat-alat ke masyarakat, jika perlu Dana Desa (DD) kita siapkan juga," bebernya seraya menuturkan dana desa diharap digunakan untuk hal-hal yang produktif dan meningkatkan ekonomi desa.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts