Dinilai Telah Berjasa, Bupati PALI Masuk Nominasi Penerima Satyalancana


PALI. SININEWS.COM -- Kinerja Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Ir H Heri Amalindo MM yang terus bergerak melakukan pembangunan di wilayah Bumi Serepat Serasan rupanya mendapat perhatian dari pemerintah pusat. Terbukti pada Rabu (13/4/22), tim verifikasi Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan dan Satyalancana Wira Karya tiba di kabupaten PALI.


Kedatangan tim verifikasi terdiri dari Sekretariat Militer Presiden (SETMILPRES), BKKBN Pusat dan Perwakilan BKKBN provinsi untuk melakukan peninjauan lapangan/uji petik calon penerima tanda kehormatan Satyalancana Pembangunan dari presiden RI tahun 2022 kepada Bupati PALI.


"Kami datang kesini ingin mecocokan data terhadap surat yang diusulkan BKKBN, dimana Bupati PALI yang diusulkan sebagai calon penerima Satyalancana Pembangunan dan Satyalancana Wira Karya bidang keluarga berencana," ujar Dwi Daryanto, Arsiparis Madya SETMILPRES yang memimpin tim verifikasi. 



Dijelaskan Dwi Daryanto bahwa syarat menjadi calon penerima Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan dan Satyalancana Wira Karya adalah telah berjasa kepada negara dan masyarakat. 


"Karena ini bidang Keluarga Berencana dan mendukung program Bangga Kencana, maka yang menjadi kriteria, salah satunya adalah telah membangun Kampung KB serta pendukung lainnya sesuai program Bangga Kencana," terangnya.


Untuk calon penerima Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan dan Satyalancana Wira Karya, disebutkan Dwi Daryanto ada 26 kepala daerah di Indonesia, salah satunya Bupati PALI. 


"Ada 2 kepala daerah di provinsi Sumatera Selatan yang masuk penilaian calon penerima Satyalancana Pembangunan, yakni PALI dan Lubuk Linggau. Setelah verifikasi ini kita akan sampaikan hasilnya secara internal, nantinya keluar memorandum. Untuk penganugerahan Tanda Kehormatan ini rencananya akan dilaksanakan saat peringatan Harganas," imbunya. 



Sementara itu, Bupati PALI menyatakan bahwa capaian yang dinilai tim verifikasi adalah berkat dukungan semua lapisan masyarakat. 


"Alhamdulillah berkat dukungan semua elemen masyarakat, dari awalnya PALI daerah tertinggal saat ini mampu setara dengan daerah lain. Aktivitas warga lancar, perekonomian, pelayanan kesehatan, pendidikan meningkat, serta kondisi keamanan kondusif," terangnya. 


Untuk capaian dibidang keluarga berencana, Bupati menyampaikan bahwa saat ini kabupaten PALI telah membentuk 15 kampung KB, dan target diakhir jabatannya satu desa harus ada satu kampung KB. 


"Kampung KB merupakan Satuan wilayah setingkat RW, dusun atau setara yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program KKBPK yang dilakukan secara sistemik dan sistematis. Selain itu, manfaat Kampung KB selain bisa mengentaskan kemiskinan, juga mendekatkan pembangunan kepada masyarakat. Untuk itu, target kedepan kami akan bentuk satu desa satu Kampung KB," imbuhnya.


Pada kegiatan Peninjauan itu, tim verifikasi mendatangi sejumlah fasilitas publik untuk dilakukan penilaian, seperti SMAN 1 Talang Ubi, Puskesmas Talang Ubi, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Kampung KB Desa Babat kecamatan Penukal dan  Kampung KB Desa Suka Manis Kecamatan Tanah Abang. (sn/adv)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts