Distan PALI Semai Ribuan Benih Cabai dan Sayuran, Antisipasi Lonjakan Harga


PALI. SININEWS.COM -- Melonjaknya harga-harga kebutuhan pokok termasuk cabai dan sayuran yang lumrah terjadi saat jelang puasa, jelang lebaran dan hari-hari besar lainnya mampu ditekan apabila masyarakat mau memanfaatkan lahan yang ada untuk ditanami jenis sayuran dan cabai serta tanaman bumbu lainnya. 


Untuk menggugah keinginan masyarakat, Dinas Pertanian Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) saat ini tengah berupaya memberi contoh masyarakat agar tertarik memanfaatkan lahannya untuk ditanami sayuran dan cabai. 


Upaya yang saat ini dilakukan adalah dengan membangun beberapa titik pusat pembibitan, salah satunya dibelakang kantor Lurah Handayani. 


Pada lahan yang dijadikan pusat pembibitan itu, terlihat ribuan kantong plastik hitam (polybag) tersusun dan telah diisi media tanam, sementara tempat penyemaian terpisah.


"Bibit-bibit ini nantinya untuk masyarakat yang mau mengelola lahannya untuk ditanami sayuran, cabai dan jenis tanaman bumbu dapur lainnya. Hal ini dimaksudkan untuk merubah kebiasaan konsumtif masyarakat agar bisa memproduksi sendiri kebutuhan sayur mayur, minimal untuk konsumsi sendiri," kata Ahmad Jhoni, Plt Kepala Dinas Pertanian kabupaten PALI, Rabu (20/4/22).



Serta dijelaskan Ahmad Jhoni bahwa saat kenaikan harga sayuran, masyarakat tidak terbebani dan tidak mengeluh serta menyalahkan pemerintah. 


"Kalau ada tanamannya sendiri dan telah menghasilkan, maka semahal apapun harga sayuran, masyarakat tidak terpengaruh. Bahkan apabila hasil tanaman sayuran melimpah dan tidak habis dikonsumsi sendiri, maka masyarakat bisa menjualnya yang tentunya akan menambah penghasilan bagi keluarganya," ungkapnya. 


Diharapkannya, dengan adanya contoh pembibitan, masyarakat juga tidak terpaku dengan hanya menunggu bantuan, tetapi mampu mandiri membuat benih sendiri di rumahnya masing-masing. 


"Kalau kita mau, tidak perlu menunggu bantuan. Sebab, untuk membuat benih cukup mudah tidak harus membeli. Cabai yang sudah membusuk bisa disemai, begitu juga jenis sayuran lainnya seperti bawang, daun bawang serta tanaman sayuran lainnya. Harapan kami, masyarakat terpacu keinginannya menanam jenis tanaman yang bisa dikonsumsi sehari-hari dilahan yang ada, dan tidak hanya mengandalkan satu komoditi saja, seperti hanya bergantung pada karet saja tetapi bisa ditopang dengan tanaman lainnya," harapnya. (sn/perry)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts