Diusianya ke-9 PALI Tunjukkan Kemajuan, Gubernur Sumsel Pun Yakin PALI Akan Jadi Kabupaten Besar


PALI. SININEWS.COM -- Memiliki potensi yang cukup mendukung untuk dikembangkan, Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru yakin kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) akan menjadi kabupaten besar dan lokasi yang strategis berada di tengah-tengah provinsi Sumatera Selatan bukan tidak mungkin impian menjadi Bruneinya Sumatera akan terwujud. 


Hal itu disampaikan Gubernur Sumatera Selatan saat hadiri Rapat Paripurna DPRD PALI dalam rangka memperingati hari jadi kabupaten PALI yang ke-9, Jum'at (22/4/22).

"Saya telah melihat betapa banyak potensi-potensi yang dimiliki kabupaten PALI ini, kalau dikembangkan saya yakin PALI akan menjadi kabupaten besar asalkan rukun dan solid. Menjadi Bruneinya Sumatera juga bukan tidak mungkin terwujud mengingat PALI berada pada segitiga emas provinsi Sumatera Selatan," ujar Gubernur. 


Atas capaian yang telah ditunjukkan pemerintah kabupaten PALI dibawah kepemimpinan H Heri Amalindo, Gubernur memberikan apresiasinya karena telah banyak perubahan yang dialami kabupaten pecahan dari kabupaten Muara Enim itu. 

"Keberhasilan ini adalah berkat capaian pemimpinnya dengan didukung seluruh elemen. Dan dari provinsi juga telah membantu kabupaten PALI. Bantuan itu bukan karena gubernur baik tapi memang sangat dibutuhkan masyarakat. Seperti contoh pembangunan jalan penghubung PALI-Musirawas, dimana jalur itu cukup strategis untuk meningkatkan perekonomian dua daerah itu," tambah Gubernur. 

Gubernur juga memuji pegawai yang bekerja di kabupaten PALI karena mereka rela menempati kantor yang masih menyewa karena mengutamakan pembangunan infrastruktur publik. 


"Terus terang saya terharu terhadap pegawai di PALI yang rela mengutamakan pembangunan infrastruktur ketimbang membangun perkantoran, terlebih lagi anggota dewan yang terhormat yang masih menempati kantor yang sederhana. Tetapi mudah-mudahan kedepan Pemkab PALI segera melaksanakan pembangunan perkantoran agar pelayanan terhadap masyarakat bisa maksimal," harapnya. 

Sementara itu Bupati PALI mengatakan bahwa pembangunan yang telah dicapai adalah berkat dukungan semua anggota DPRD, elemen masyarakat dan stakeholder. 

"Akan menjadi sangat istimewa ketika anggota DPRD, masyarakat dan stakeholder lainnya mampu selaras dalam mewujudkan PALI yang lebih baik. Kami juga sampaikan apresiasi terhadap semua lapisan masyarakat dan semua lembaga yang telah mendukung program pemerintah yang telah berjalan," kata Bupati. 

Diakui Bupati bahwa pembangunan yang telah berjalan juga tidak lepas dari bantuan Gubernur Sumatera selatan.

"Meski pandemi covid-19, gubernur Sumsel telah membantu pembangunan di kabupaten PALI, dimana tahun 
2020 gubernur telah membantu kabupaten PALI sebesar Rp 50 miliar lebih dan tahun 2021 sebesar Rp 80 miliar lebih. Tentunya kami masih berharap dibantu kembali untuk melanjutkan pembangunan yang masih menjadi pekerjaan rumah," tutup Bupati.


Terpisah, Ketua DPRD PALI H Asri AG ketua DPRD kabupaten PALI menyebut bahwa memang telah banyak kemajuan yang telah dirasakan masyarakat yang ada di kabupaten PALI. 

"Telah banyak kemajuan yang telah dicapai kabupaten PALI, antara lain  dibidang infrastruktur, bidang pendidikan, kesehatan dan lainnya. Kemajuan itu tak lepas dari kinerja kepemimpinan H Heri Amalindo dan H Soemarjono serta dukungan masyarakat dan bantuan dari gubernur Sumatera Selatan. Untuk itu mari dukung agar PALI mandiri dan lebih maju lagi kedepannya," ucap H Asri AG. 

Dengan kemajuan yang telah dicapai kabupaten PALI dibawah kepemimpinan H Heri Amalindo dan Drs H Soemarjono mengundang apresiasi dari berbagai kalangan, termasuk tokoh masyarakat dari kecamatan Tanah Abang, Aka Cholik Darlin. 


Mantan anggota DPRD PALI itu berujar bahwa sejak H Heri Amalindo ditunjuk menjadi Penjabat Bupati tahun 2013 lalu hingga dilantik menjadi bupati untuk kedua kalinya berpasangan dengan H Soemarjono terus memacu pembangunan di semua lini dengan target utamanya tahun 2022 ini tetap masih fokus pada pembangunan  infrastruktur publik. 

Terbukti, telah banyak terlihat di sana-sini bentangan jalan yang tadinya berlumpur ketika penghujan dan penuh debu apabila musim kemarau.Jalan-jalan tersebut kini seolah disulap menjadi jalan cor beton dan tak sedikit diatasnya dihampar aspal hitam hingga terlihat Kabupaten PALI kini tak seperti wilayah yang terbelakang.

Aktivitas masyarakat pun kini tak lagi terhalang akses jalan, hilir mudik kendaraan kian hari semakin ramai, menandakan perekonomian di Kabupaten yang berjuluk Bumi Serepat Serasan ini terus menggeliat meski kabupaten PALI adalah daerah baru. 

Pembangunan infrastruktur jalan tak hanya di fokuskan di dalam ibukota kabupaten PALI saja, yakni di wilayah Talang Ubi saja, melainkan hampir di seluruh pelosok yang dulunya belum pernah tersentuh pembangunan. Warga pedesaan yang rata-rata berprofesi sebagai petani karet, tak lagi susah untuk mengeluarkan atau menjual hasil panennya karena akses jalan yang kini mudah ditempuh.

Selain infrastruktur jalan, birokrasi pun terus dibenahi. Terbukti beberapa waktu lalu, Bupati merombak puluhan pejabat dari pejabat administrator, pengawas hingga kepala sekolah, sebagai upaya mencari formasi yang tepat guna percepatan pembangunan diwilayah Bumi Serepat Serasan.

"Banyak lagi langkah yang telah ditempuh H Heri Amalindo, pusat pelayanan kesehatan banyak berdiri di sana-sini termasuk pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang sedikit lagi rampung. Belum lagi sarana pendidikan bermunculan sampai ke pelosok desa demi membangun karakter anak bangsa untuk mencetak generasi sehat dan pintar. Atas capaian hingga usia Ke-9 ini, saya yakin kedepan PALI akan semakin maju," jabar Aka Cholik Darlin yang juga umum Fakar Lematang Sumsel itu. (sn/adv)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts