Terkait Lahan Karet Warga 'Tumpang Sari' Sawit PT GBS, Begini Tanggapan Perusahaan


PALI. SININEWS.COM -- Adanya kisruh antara Hajar warga Desa Betung kecamatan Abab kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang merupakan pemilik lahan perkebunan karet yang berada di perbatasan antara kabupaten PALI dengan Sungai Rotan Muara Enim dengan PT GBS yang menanam kelapa sawit diantara tanaman karet milik Hajar ditanggapi pihak PT GBS. 


Melalui Humas GBS, Eduar Edison menyatakan bahwa lahan itu masuk dalan izin HGU yang dikeluarkan kabupaten Muara Enim tahun 2002 lalu. 

"Lahan itu berada di wilayah desa Pengabuan kecamatan Abab. Memang lahan itu ada ditumbuhi tanaman karet tetapi kami tetap mengizinkan warga yang menanam karet itu untuk menyadapnya dan kami juga rutin memanen kelapa sawit tanpa ada hambatan," ujar Eduar, Jum'at (22/4/22). 

Ditambahkannya bahwa kunci status lahan itu pada kepala desa Pengabuan, apabila lahan itu menurut Kades memang milik rakyat, maka pihak perusahaan akan melepas lahan itu. 

"Pada intinya perusahaan tidak pernah asal-asalan dalam menggarap lahan untuk perkebunan kelapa sawit, ada dasar izinnya yang dikeluarkan pemerintah. Namun kalau memang kepala desa Pengabuan menyatakan itu diluar izin PT GBS maka kami akan melepas lahan tersebut," tandasnya. 

Diberitakan sebelumnya bahwa lahan seluas lebih kurang satu hektar milik Hajar yang lokasinya tersebut diatas terlihat janggal. Pasalnya, diantara tanaman karet milik Hajar ditumbuhi pohon kelapa sawit yang telah masuk usia produktif. 

Dari pengakuan Hajar bahwa lahan itu ia dapat dari membeli dengan dasar dokumen jual beli tahun 2002 yang langsung ia tanami pohon karet. Tetapi tidak lama kemudian pihak PT GBS juga menanam kelapa sawit diantara pohon karetnya. Hingga kini, pohon karet maupun kelapa sawit sudah dipanen oleh kedua belah pihak tanpa saling menghalangi. 

Upaya mediasi diakui Hajar sudah berulang kali dilakukan, namun belum kunjung membuahkan hasil. (sn/perry)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts