Gerakan Sumsel Mandiri Pangan di PALI Mulai Menghasilkan


PALI. SININEWS.COM -- Sudirno (46) warga Sumberejo kelurahan Talang Ubi Utara kecamatan Talang Ubi kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) saat ini mengaku beban hidupnya mulai berkurang berkat bantuan program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP).

Bantuan yang diberikan melalui CSR Bank SumselBabel berupa benih sayuran bibit buah-buahan, benih ikan dan ternak ayam sudah mulai menghasilkan, bahkan untuk sayuran, Sudirno sudah memanen beberapa kali. 

"Alhamdulillah berkat program gerakan Sumsel mandiri pangan yang diluncurkan pak gubernur membantu perekonomian keluarga kami, yang selama ini seluruh kebutuhan harus membeli, tapi saat ini untuk pemenuhan sayuran sudah tidak lagi," ungkap Sudirno, Rabu (6/4/22).

Diutarakan Sudirno bahwa dirinya berencana mengembangkan bantuan tersebut agar selain bisa dikonsumsi sendiri juga dapat menghasilkan rupiah. 

"Setelah saya coba tanam, rupanya beberapa jenis tanaman sayuran cocok ditanam dihalaman rumah dengan pertumbuhan cukup subur. Dan apabila ini dikembangkan, mudah-mudahan sisa yang kami konsumsi bisa kami jual juga," imbuhnya. 

Keyakinan dapat menjual hasil sayuran yang ditanam di lahan pekarangan rumah disamping tumbuh subur tahanan juga timbul dengan adanya pendampingan dari Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dari Dinas Pertanian kabupaten PALI. 

"Ada PPL yang rajin mendampingi aktivitas kami dalam bercocok tanam atau pun beternak. Dengan pendampingan itu, kami tahu kendala dilapangan karena selalu diarahkan oleh PPL," terangnya. 

Sementara itu, Darsono PPL Kelurahan Talang Ubi Utara menyebut bahwa ada 12 kepala keluarga (KK) di wilayah kerjanya yang menerima bantuan GSMP melalui CSR Bank Sumsel Babel.

"Bantuan itu disalurkan pada awal Januari 2022, berupa 41ekor anak ayam kampung, 400 ekor benih ikan nila, bibit sayuran dan buah-buahan serta pakan ternak. Kami dampingi secara berkala, dan selalu kami pantau sedikitnya satu minggu sekali. Pada perkembangannya, program ini cukup membantu masyarakat untuk merubah kebiasaan konsumtif menjadi produktif. Atas manfaat yang telah nampak saat ini, kami berharap tahun depan penerima bantuan bisa ditambah," harapnya. 

Terpisah Pimpinan BSB Cabang Pendopo, Darmiansyah, SH menyebut bahwa pemberian bantuan CSR BSB adalah bentuk dukungan penuh BSB Pendopo PALI terhadap program Gubernur Sumsel, H. Herman Deru dalam mewujudkan Sumsel Mandiri Pangan tahun 2021.

Dan launching program Sumsel Mandiri Pangan tahun 2021 telah di launching oleh gubernur Sumatera Selatan di kabupaten Lahat beberapa waktu lalu. 

BSB di 17 kabupaten/kota di Sumsel, memberikan bantuan CSR untuk program Sumsel Mandiri Pangan dengan nilai mencapai Rp 1 Milyar lebih. 

"Ada 12 Kepala Keluarga yang menerima bantuan CSR tersebut berdasarkan data dari Dinas Ketahanan Pangan kabupaten PALI. Bantuan yang diberikan dalam setiap KK berupa budidaya ternak, budidaya ikan, dan budidaya sayur," ujar Darmiansyah. 

Kepala Cabang BSB Pendopo PALI yang rajin terjun ke tengah-tengah masyarakat ini juga berharap dengan bantuan CSR itu menjadi penyemangat masyarakat dalam meningkatkan kemandirian pangan dan meningkatkan penghasilan bagi keluarganya. 

"Kami harapkan bantuan ini menjadi pemicu masyarakat penerima untuk dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan bisa mandiri," terangnya.

Diketahui bahwa program GSMP di PALI ada tiga titik yang mendapat bantuan. Dimana di kecamatan Talang Ubi yang mendapat bantuan melalui Bank Sumsel Babel adalah 12 KK di Kelurahan Talang Ubi Utara. Untuk kecamatan Tanah Abang ada 30 KK di desa Tanah Abang Selatan berasal dari CSR Bank Mandiri. Dan di Desa Air Itam ada 20 KK penerima berasal dari dana CSR Bank Mandiri. (sn/perry)




Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts