IRMAS Masjid Agung ME Peringati Malam Nuzulul Qur'an


MUARA ENIM, SININEWS.COM - Pengurus Yayasan dan Ikatan Remaja Masjid (IRMAS) Masjid Agung Muara Enim mengadakan peringatan malam Nuzulul Qur'an 1443 Hijiriah Tahun 2022 di Masjid Agung Muara Enim pada hari Senin malam 18/04/2022.

Acara ini dihadiri langsung Pj. Bupati Muara Enim Dr. H. Nasrun Umar. SH. MM, Forkompinda Muara Enim, Anggota DPRD Muara Enim Bonny Noprian. SH, Kabag Kesra Setda Muara Enim Zulfikar. S. Ag, Camat Kota Muara Enim Syarifuddin. S.Ip. M.Si, Ketua dan Pengurus Yayasan Masjid Agung Muara Enim, Pegawai Kelurahan Pasar 1 Muara Enim, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Ketua RW 02 Fideraini.Z dan Para RT Kemayoran, Bhabinkamtibmas dan Warga Kampung Kemayoran serta Jama'ah Masjid Agung Muara Enim.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Muara Enim mengucapkan "Alhamdulillah pada malam di bulan penuh berkah ini, saya sangat berbahagia dapat bertatap muka langsung bersama bapak, ibu sekalian, khususnya keluarga besar Pengurus dan Jama'ah Masjid Agung Kabupaten Muara Enim.

Atas nama pribadi maupun Pemkab. Muara Enim,saya mengucapkan terima kasih dapat diundang bersilaturahmi sekaligus memperingati turunnya wahyu pertama dari Allah SWT kepada Rasulullah SAW ‘Nuzulul Alquran 1443 Hijriah’ di Masjid Agung Muara Enim ini.

Melalui peringatan ini, hendaknya kita renungkan betapa beruntungnya kita semua mendapat nikmat iman dalam Islam dengan diturunkannya tuntunan hidup berupa Alquranul Karim melalui Rasulullah SAW agar menjadi rahmat bagi seluruh umat manusia, menjadi segala sumber ilmu pengetahuan dan membimbing kita semua menjadi manusia yang lebih baik. Oleh sebabnya peringatan ini dijadikan momentum bagi kita semua untuk bersyukur melalui sikap cinta Alquran dengan memperbanyak tadarus, membaca, memahaminya, menanamkan dalam hati dan yang terpenting menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Turunnya Alquran berarti Allah SWT mengharapkan manusia untuk selalu belajar, menelaah, membaca dan memperdalam ilmu pengetahuan yang selanjutnya dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia itu sendiri. Begitu pula halnya yang ingin kami bangun di Kabupaten Muara Enim. Pemkab. Muara Enim berkomitmen, baik secara moril maupun materil melalui program-program pembangunan yang telah dicanangkan untuk mewujudkan Kabupaten Muara Enimyang agamis. 

Tahun lalu telah kita canangkan Gerakan Tahfiz Alqur’an & Baca Tulis Alqur'an (BTA) untuk anak usia sekolah di tingkat SD & SMP sederajat di Kabupaten Muara Enim, melalui penyelenggaraan Khotmil Alqur’an. Kemudian Gerakan Kabupaten Muara Enim Tebar Dai ‘1 desa, 1 dai yang selaras dengan program Gubernur Sumsel ‘1 desa, 1 rumah tahfidz’. Ada jua bantuanrehabilitas Masjid Akbar di masing-masing Kecamatan dan bantuan infrastruktur di 28 pondok pesantren se-Kabupaten Muara Enim.

 Kami menyadari di masa serba canggih dan modern, sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menanamkan nilai-nilai Keagamaan, gemar membaca Alquran dan meneladani sifat Rasulullah Muhammad S.A.W. bagi generasi muda demi menciptakan generasi penerus yang beriman, bertaqwa dan berakhlak karimah. 

Generasi muda perlu dilandaskan dengan kecerdasan spiritual, rajin beribadah, amanah dan fathonah, kemudian dibangun dengan kecerdasan intelektual, berilmu dan berwawasan luas. Terakhir tak lupa dibekali dengan kecerdasan berbangsa dan bernegara, mencintai tanah air maupun menaati hukum yang berlaku di Indonesia. 

Saya mengajak seluruh elemen masyarakat, termasuk sekolah dan lembaga pendidikan agama Islam maupun majelis taklim untuk bersama kita mewujudkan cita-cita ini. Menjadikan Muara Enim yang agamis dengan disertai kemandirian dan daya saing 

daerah serta masyarakat yang sehat dan sejahtera".

Selesai sambutan dari Pj. Bupati Muara Enim dilanjutkan dengan tausiyah singkat dari Ustad. H. Syachril. SH.i, M.Si dengan Tema "DENGAN MEMPERINGATI NUZULUL QURAN 1443 H, KITA JADIKAN AL-QURAN SEBAGAI OBAT DARI PENYAKIT JASMANI DAN ROHANI SERTA MENJADI RAHMAT BAGI ORANG YANG BERIMAN".

Diakhir acara Ketua Yayasan Masjid Agung Muara Ir. H. Mubri Ahmad. M.Si didampingi sekretaris yayasan H. Erwan Ahlawi. S.Pd bersama Pengurus lainnya menyerahkan hadiah trofi dan Piagam kepada Anak-anak dan Remaja yang telah mengikuti Lomba Adzan di Masjid Agung Muara Enim dan dilanjutkan Foto bersama Pj. Bupati Muara Enim bersama Pengurus, Jama'ah Masjid Agung dan anak-anak peserta Lomba Adzan.

Selaku Ketua Pelaksanaan Kegiatan Nuzulul Qur'an 1443 H sekaligus Pengurus Harian Masjid Agung Muara Enim Ustd. KMS. Ahmad Malian, SH didampingi Humas Masjid Agung Muara Enim Freddy. S. SH mengucapkan terima kasih kepada Pj. Bupati Muara Enim dan Unsur Muspida serta Tamu undangan lainnya yang telah hadir dalam acara Nuzulul Qur'an ini, terutama kepada Bapak Bonny Noprian, SH, Hendarman Acong, SH, dan Zainal Arifin serta Para Donatur lainnya yang telah sumbangsih dalam kegiatan lomba adzan dan peringatan malam Nuzulul Qur'an 1443H ini, Tutupnya. (Asep)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts