Kenaikan Ekonomi Kabupaten Muara Enim Capai Hingga 5,75 Persen


MUARA ENIM, SININEWS.COM– PEMERINTAH Kabupaten Muara Enim menyampaikan perekonomian bahwa Kabupaten Muara Enim di 2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,75 Persen. Angka pertumbuhan itu disampaikan kegiatan agenda Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2022 dan Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Muara Enim Tahun 2023, di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu, Kota Muara Enim, Kamis (17/3).

Pada Musrenbang yang diikuti secara daring dan luring ini, mengambil tema “Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pemerataan Pembangunan untuk Muara Enim yang Sejahtera”. Hadir secara langsung dalam Musrenbang RKPD ini, Forkopimda Muara Enim, anggota DPRD Muara Enim, pimpinan instansi vertikal, para Asisten, Staf Ahli, Kepala Perangkat Daerah, para Camat, dan pimpinan BUMN/BUMD/BUMS. Kemudian hadir juga para pemangku kepentingan di Kabupaten Muara Enim.

Sementara, selaku moderator Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan H Riswandar SH MH. Adapun narasumbernya, Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumsel serta Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan RB yang hadir secara daring. Kepala Bappeda Muara Enim, Mat Kasrun dalam laporannya disampaikan oleh Sekretaris Bappeda, Reni Ariesandi, tujuan pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2022 ini antara lain untuk melaksanakan salah satu tahapan perencanaan pembangunan daerah. Lalu, menyepakati sasaran dan prioritas pembangunan daerah.

Selain itu, juga bertujuan untuk menyepakati rencana program dan kegiatan yang disertai indikator dan target kinerja dan kebutuhan pendanaan dalam rancangan RKPD Kabupaten Muara Enim Tahun 2023 mendatang. Kemudian menyiapkan dan merumuskan Berita Acara Kesepakatan Musrenbang RKPD Kabupaten Muara Enim Tahun 2022 yang akan digunakan untuk penyempurnaan rancangan RKPD Kabupaten Muara Enim Tahun 2023.

“Hasil yang diharapkan dari penyelenggaran Musrenbang RKPD Tahun 2022 ini yaitu adanya berita acara kesepakatan Musrenbang RKPD yang ditandatangani oleh unsur yang mewakili pemangku kepentingan yang menghadiri Musrenbang,” jelas Reni.

 Sementara itu, Pj Bupati Muara Enim Dr H Nasrun Umar SH MH dalam sambutannya menyampaikan, bahwa perekonomian Kabupaten Muara Enim pada 2021 lalu menunjukan pertumbumbuhan yang positif, yakni 5,75 persen. Angka ini berada di atas pertumbuhan ekonomi Provinsi dan Nasional, yaitu 3,58 persen Provinsi dan 3,69 persen Nasional.

“Kinerja yang telah kita capai ini hendaknya dapat bersama-sama kita pertahankan dan terus berusaha untuk lebih ditingkatkan di masa mendatang. Semua ini tentunya diawali dengan melakukan penyusunan perencanaan pembangunan yang aspiratif dan partisipatif, salah satunya melalui Musrenbang yang kita ikuti hari ini,” ungkap Bupati Nasrun Umar.

Disebut Bupati, dalam rangka upaya perencanaan visi dan misi Kabupaten Muara Enim 2018-2023, serta pencapaian target indikator makro Kabupaten Muara Enim Tahun 2023, maka disusun rencana dengan rancangan prioritas pembangunan, antara lain peningkatan ketahanan ekonomi melalui peningkatan produktivitas pertanian, UMKM, dan industri kreatif.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts