Prabumulih Ekspor Serat Daun Nanas Hingga Keluar Negri

RABUMULIH,SININEWS.COM -- Tak hanya sebagai simbol, tingginya produksi buah Nanas di kota tersebut juga ditandai dengan ekspor perdana serat daun nanas ke Singapura, Selasa (5/4).

Wali Kota Prabumulih Ridho Yahya menjelaskan, serat daun nanas tersebut dikirim ke salah satu perusahaan yang ada di negeri Singa. produk akhir dari serat nanas tersebut akan diolah menjadi pewarna pakaian maupun olahan makanan. 

"Prabumulih ini terkenal akan nanasnya. Kita olah mulai dari daging buahnya menjadi produk kalengan, selai dan kulitnya untuk pewarna pakaian," kata Ridho didampingi Ketua PKK Prabumulih Ir Suryanti Ngesti Rahayu Ridho. 

Menurutnya, ekspor perdana kali ini berasal dari kelompok tani di Kelurahan Patih galung Kecamatan Prabumulih Barat. Sebanyak 600 kilogram serat nanas diproduksi oleh petani. "Kita akan dorong terus ini. Bila perlu nanti kita bantu peralatan, mesin dan lainnya," bebernya. 

Ridho mengatakan dengan luasan lahan kebun nanas sekitar 700 hektar, pihaknya yakin mampu memenuhi kebutuhan Sumsel maupun ekspor ke luar negeri. "Apalagi banyak daeragh tetangga ang juga produksi nanas. Kita yakin bisa memenuhi permintaan," tandasnya.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts