Berkat Sister Pelkom, DPPKBPPPA PALI Raih Juara I Lomba Inovasi Daerah


PALI. SININEWS.COM -- Inovasi pelayanan publik Sistem Terpadu Pelayanan Kontrasepsi (Sister Pelkom) yang dimiliki Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) berhasil menyabet penghargaan terbaik pertama dalam lomba Inovasi Daerah yang digelar Balitbangda kabupaten PALI. 


Tentu saja atas prestasi itu dikemukakan Dra Yenni Nopriani kepala DPPKBPPPA kabupaten PALI menjadi penyemangat bagi jajahannya. 

"Alhamdulillah kinerja kami dalam menciptakan inovasi pelayanan publik mendapat penghargaan. Ini menambah semangat kami dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," ujar Yenni Nopriani usai menerima penghargaan, di gedung Pesos Komplek Pertamina Pendopo, Selasa (31/5/22).

Sementara itu Khairiman Plt Kepala Balitbangda kabupaten PALI menjelaskan bahwa tujuan lomba inovasi daerah adalah untuk menggali dan mengembangkan terobosan baru di kabupaten PALI. 

Lomba inovasi daerah terbagi beberapa kategori, antara lain kategori OPD, Mahasiswa atau pelajar, Umum dan tenaga pengajar serta tenaga kesehatan. Pada lomba inovasi daerah tahun 2022 diikuti 38 peserta yang mengajukan proposal inovasinya.

"Setiap daerah dituntut mampu bersaing untuk itu harus bisa menciptakan perubahan-perubahan. Atas dasar itu dilaksanakan lomba inovasi daerah untuk memacu OPD, sekolah-sekolah, mahasiswa atau pelajar, kepala desa maupun masyarakat umum temasuk petani untuk menciptakan inovasi baru yang menjadi terobosan bagi kabupaten PALI," ujar Khairiman. 

Pada lomba Inovasi daerah kabupaten PALI 2022, Khairiman menyebut menggandeng tiga juri independen. 

"Ada tiga orang juri yang melakukan penilaian lomba ini. Salah satunya Kepala Balitbangda Sumsel dan Guru besar fakultas Pertanian Unsri. Pemenang lomba akan diberikan penghargaan dari Bupati PALI. Lomba ini menjadi program rutin tahunan pada Balitbangda kabupaten PALI," tukasnya. 

Sementara itu Bupati PALI diwakili asisten I H Andre berharap akan muncul  banyak inovasi supaya lahir produk-produk pelayanan publik dan produk unggulan daerah. 

"Tujuan lomba ini adalah meningkatkan pelayanan publik dan lahir produk unggulan bagi kabupaten PALI. Harapan kami inovasi seperti ini terus berkelanjutan," harapnya. 

Dalam lomba inovasi daerah, ditetapkan pemenang terbaik pertama kategori OPD adalah Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Bencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) dengan inovasi berjudul Sister Pelkom (Sistem Terpadu Pelayanan Kontrasepsi).

Kemudian, juara terbaik II adalah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dengan inovasi berjudul Sapa Counterpart (Sistem Layanan Asistensi dan koordinasi akor perencanaan) dan juara terbaik III Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) dengan inovasi Rumah sahabat Gisa Desa Tertib. 

Kemudian Pelajar atau mahasiswa, juara I Mahasiswa asal Dusun II Desa Tambak kecamatan Penukal Utara dengan judul inovasi adalah PlaGkadiohis (pembeku lateks getah karet diascorea hispida) 

Juara II Pelajar SMA N 2 Unggulan Talang Ubi dengan judul inovasi  Dendeng Kerunggu (Kenikir dan Terung Ungu). 

Juara III Pelajar SMA N 2 Unggulan Talang Ubi dengan judul inovasi Aplikasi Easearch sebagai upaya revitalisasi sektor penelitian di SMA N 2 Unggulan. 

Kategori umum. 

Juara I Sunardi ST, asal Dusun II Desa Harapan Jaya kecamatan Tanah Abang dengan judul ILUN (Internet Lintas Dusun). 

Juara II Joni Endro, Duwi Permatasari, asal Rejosari kelurahan Talang Ubi Utara dengan nama inovasi Peningkatan produktivitas dan kualitas ekologi lahan sawah dengan aplikasi metode SRI organik pada lahan sawah kelompok tani Rejo Mulyo. 

Juara III Vendra Ardiansyah asal Tulus Fondation Desa Muara Ikan kecamatan Penukal Utara dengan judul inovasi program revitalisasi penghidupan berkelanjutan di desa wisata Muara Ikan melalui Kripik Kriuk Balam dan Kripik Kriuk Biji Balam. 

Kategori tenaga pendidik dan tenaga kesehatan. 

Juara I Erwin Saputra asal SMA N 2 Unggulan Talang Ubi dengan judul inovasi Huress (Human Respitory System Suitcase) 

Juara II Agung Dirga Kusuma, Irwansyah, Betty Putri Indah, asal jalan Bongas Talang Kerangan Talang Ubi Utara dengan judul inovasi Kalogi (Kawan Sosiologi) aplikasi pembelajaran online berbasis android. 

Juara III Edi Susanto asal Dusun I Pal Tiga Talang Akar dengan judul inovasi Multimedia Pembelajaran Interaktif 'Jedar'. (sn/perry)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts