Intai Anak-anak, Warga PALI Harus Pahami Gejala Hepatitis Misterius


foto. dr Zamir Alvi, Plt Kepala Dinkes PALI 


PALI. SININEWS.COM -- Belum reda akan adanya wabah covid-19, kini masyarakat dihadapkan dengan adanya kabar merebaknya penyakit hepatitis akut misterius yang diduga telah menyebar di sejumlah daerah di Indonesia. Hanya saja, penyakit itu menyerang anak-anak terutama Balita. 


Untuk antisipasi adanya kasus tersebut, Dinas kesehatan kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mengisyaratkan para orang tua agar lebih memperhatikan pola makan anak-anaknya lantaran penyakit itu diduga akibat salah makan. 

"Gejala umum penyakit hepatitis akut misterius adalah sakit perut, demam dan diare. Kemudian mata menguning, urine seperti teh. Kasus ini biasanya menyerang anak-anak, terutama Balita. Apabila ada anak mengalami gejala seperti itu, segera bawa ke dokter untuk dicek apakah terjangkit hepatitis misterius atau hepatitis biasa," ujar dr Zamir Alvi, Plt Kepala Dinas Kesehatan PALI, Senin (9/5/22).

Untuk mencegah adanya kasus tersebut, dr Zamir menghimbau masyarakat agar menjaga pola makan anak, rajin cuci tangan, konsumsi makanan yang benar-benar telah dimasak, hindari jajan sembarangan.

"Untuk di PALI hingga saat ini tidak ditemukan kasus itu, namun untuk pencegahan perlu kita lakukan agar semua anggota keluarga bisa terhindar. Perlu pengawasan kepada anak-anak terutama dalam memilih jajanan, jangan sampai salah makan," tukasnya. 

Karena kasus hepatitis misterius isunya ada kaitannya dengan covid-19, dr Zamir mengingatkan masyarakat untuk tetap patuhi protokol kesehatan. 

"Pakai master sangat perlu karena memang hal itu sudah menjadi keharusan dalam mencegah penularan covid-19 juga kasus hepatitis misterius. Kami berharap di PALI tidak ada kasus tersebut," harapnya. (sn/perry)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts