Tangkal Budaya Negatif, Ir Hj Sri Kustina Sosialisasikan 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di PALI


PALI. SININEWS.COM -- Sebagai anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI) yang mempunyai tugas utama memasyarakatkan ketetapan MPR, Memasyarakatkan Pancasila, UUD RI 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika serta menyerap aspirasi masyarakat, Ir Hj Sri Kustina menggelar sosialisasi 4 Pilar kehidupan berbangsa dan bernegara di kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatera Selatan. 


Kegiatan tersebut dipusatkan di Sanggar Pramuka Simpang Raja Kelurahan Handayani Mulya kecamatan Talang Ubi kabupaten PALI, Senin (30/5/22).



Dalam acara sosialisasi 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara dihadiri Bupati PALI Ir H Heri Amalindo MM, Camat Talang Ubi dan Lurah Handayani Mulya. 


Juga diikuti peserta terdiri dari organisasi wanita Se-kabupaten PALI (Persit kabupaten PALI, Dharma Wanita Persatuan kabupaten PALI, Ikatan Adhyaksa dharmakarini/IAD kabupaten PALI, Bhayangkari Polres PALI, Bhayangkari Polsek se-kabupaten PALI,  TP PKK kabupaten PALI, TP PKK kecamatan Talang Ubi, GOW kabupaten PALI).


Kemudian dari Palang Merah Indonesia (PMI) kabupaten PALI, Paud Holistic Rumah Cinta kabupaten PALI, Karang Taruna Kelurahan Handayani Mulya dan Siswa SMK Negeri 1 Talang Ubi.



Dalam sambutannya, Ir Hj Sri Kustina menjelaskan bahwa pelaksanaan sosialisasi 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Undang-undang no 17 tahun 2014 tentang MD3 (MPR, DPR, DPRD PROVINSI, DPRD KABUPATEN/KOTA) pada pasal 2 menyatakan bahwa anggota MPR-RI terdiri dari anggota DPR-RI dan anggota DPD-RI yang terpilih melalui Pemilu. 


"Pada pasal 5 Undang-undang no 17 tahun 2014 tentang MD3 menyatakan bahwa anggota MPR-RI mempunyai tiga tugas utama yaitu memasyarakatkan ketetapan MPR, memasyarakatkan Pancasila, UUD RI 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika serta menyerap aspirasi masyarakat, berkaitan dengan pelaksanaan UUD 1945. Oleh karena itu pelaksanaan sosialisasi 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yang dilaksanakan saat ini oleh saya dan seluruh anggota MPR-RI menunjukkan adanya tanggung jawab bersama dalam memberikan pemahaman tentang nilai-nilai luhur bangsa," terang politisi Partai Nasdem itu. 


Ditambahkannya bahwa pentingnya sosialisasi 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara di daerah pemilihan anggota MPR-RI adalah dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap paham pancasila, paham UUD 1945, paham NKRI dan paham terhadap Bhineka tunggal ika.



"Empat pilar ini adalah satu kesatuan dalam mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan bersatu. Selain itu, sosialisasi ini dilakukan juga sebagai upaya untuk menangkal budaya negatif dari era globalisasi  yaitu era dimana semua informasi terhubung dengan mudah dan cepat yang masuk hampir ke semua generasi bangsa terutama pada kalangan anak muda yang merupakan generasi penerus harapan bangsa dan negara," jelasnya. 


Agar sosialisasi tersebut bisa diserap peserta  Hj Sri Kustina berpesan agar seluruh peserta menyimak dengan baik apa yang disampaikan narasumber.


"Oleh karena itu, saya berharap peserta dapat memahami dan mengerti apa yang disampaikan sehingga mampu menjelaskan dan menanamkan empat pilar kebangsaan ini sejak dini dalam kehidupan sehari-hari guna menanamkan wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air yang menjadi modal dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," pesannya. (sn/perry)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts