Menuju PALI Sehat, Dinkes Gelar Lomba Balita Sehat


PALI. SININEWS.COM -- Melahirkan generasi penerus bangsa yang cerdas, kuat dan sehat Dinas Kesehatan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menggelar lomba Bayi Lima Tahun (Balita) Sehat yang diselenggarakan di Hotel Nurthania Kelurahan Handayani Mulya kecamatan Talang Ubi, Selasa (31/5/22).


Puluhan Balita dengan kategori 
Usia 6-24 bulan dan usia 2-5 tahun diikuti puluhan peserta dari lima kecamatan dengan memperebutkan puluhan hadiah hiburan dan trophy dari bupati PALI. 

Dijelaskan Plt Kepala Dinas kesehatan kabupaten PALI dr Zamir Alvi melalui Kabid Pelayanan Kesehatan Masyarakat Ernawati saat membuka kegiatan bahwa tujuan lomba Balita Sehat adalah untuk memotivasi orang tua dalam merawat buah hatinya agar kelak menjadi generasi handal dan sehat. 


"Hal ini agar orang tua paham dalam merawat juga mendidik anak sejak dini. Maka dari itu kita lombakan agar nantinya yang menjadi pemenang bisa menjadi duta dan mampu menjadi contoh bagi orang tua lainnya dalam merawat anaknya," ujar Ernawati. 

Ditambahkan Ernawati bahwa ada beberapa kriteria penilaian pada lomba Balita Sehat tahun 2022 diantaranya kesehatan, tampilan dan kecerdasan anak. 

"Pemenang akan mendapatkan hadiah hiburan, diantaranya sepeda, kereta bayi juga piagam serta trophy dari Bupati PALI," tukasnya. 

Dijelaskannya bahwa masa pertumbuhan anak ada beberapa fase tetapi yang paling penting adalah fase emas. 

"Diketahui bahwa 1000 hari pertama periode emas kehidupan anak adalah masa pertumbuhan anak dimulai dari kehidupan janin selama 9 bulan di kandungan hingga seorang anak berusia 2 tahun. Pada periode emas ini terjadi fase tumbuh kembang otak yang paling cepat dan kritis sehingga menjadi periode paling penting dalam hidup seorang anak," jabarnya. 


Oleh sebab itu, Ernawati mengajak masyarakat sebagai orang tua hendaknya mempergunakan masa-masa emas anak ini untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak sehingga nantinya bisa meraih cita-cita dan kesuksesan dalam kehidupannya di masa depan. 

"Pendidikan anak di masa balita ini sangat bergantung pada lingkungan terdekat dari sang anak tak terkecuali lingkungan Keluarga. Maka hal pertama yang harus dilakukan orang tua adalah memahami dan mengenal karakter perkembangan balitanya.Perkembangan dan pertumbuhan balita pada periode emas ini perlu banyak dukungan dari berbagai pihak seperti tokoh masyarakat, PKK dan seluruh lapisan masyarakat. Maka dari itu marilah bersama-sama menciptakan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas dan berprestasi menuju kabupaten PALI sehat," pungkasnya. (sn/perry)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts