Diskominfo Prabumulih Lakukan Pendataan Kepada Masyarakat

PRABUMULIH, SININEWS.COM -Menjelang dilakukannya migrasi dari siaran televisi analog ke siaran televisi digital, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Prabumulih melakukan pendataan terhadap warga miskin yang tersebar di 37 desa/kelurahan di Kota Prabumulih.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kominfo Kota Prabumulih, Drs Mulyadi Musa MSi, pekan lalu. Menurut Mulyadi warga miskin yang didata tersebut, khusus bagi mereka yang masih menggunakan televisi tabung.

“Jadi yang kita data hanya mereka (warga miskin, red) yang masih menggunakan televisi tabung saja,” ungkap Mulyadi ketika diwawancarai di ruang kerjanya.

Nantinya sambung Mulyadi, masyarakat yang masih menggunakan televisi tabung tersebut akan diberikan bantuan berupa set top box (STB) televisi gratis dari pemerintah.

“Set top box tersebut berguna untuk televisi untuk mendapatkan siaran televisi, kita ini akan beralih dari televisi analog ke digital. Jadi untuk mendapatkan siara TV, harus menggunakan alat Set Top Box ini,” bebernya.

Lebih lanjut mantan Kepala Dinas Perhubungan ini menuturkan, terkait pendataan calon penerima bantuan itu pihaknya telah melayangkan surat ke camat dan lurah/kades.

"Kita saat ini sudah menyampaikan surat ke Camat, kelurahan dan desa untuk melakukan pendataan warga kurang mampu terkait pemberian bantuan STB TV Digital nantinya," imbuhnya.

Mulyadi mengatakan, pendataan sudah dilakukan di 10 kelurahan/desa di kota Prabumulih. "Nanti data yang kita terima dari kelurahan dan desa ini baru kita ajukan ke Kementerian Kominfo, syaratnya memang akan digunakan," tuturnya.

Ditanya kapan tahapan Sumatera khususnya Kota Prabumulih untuk peralihan siaran analog tersebut, Mulyadi mengungkapkan untuk kota nanas kemungkinan akhir tahun ini.

Untuk diketahui, Set Top Box sendiri akan diberikan langsung oleh kementerian Kominfo bersama Kemendagri. Bantuan yang menggunakan dana APBN ini akan disalurkan jika nama warga kurang mampu telah disampaikan. Per set Set Top Box ditaksir harga antara Rp 300 ribu hingga Rp 400 ribu.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts