Pemdes Tempirai Utara Ajak Warganya Kembangkan Budidaya Ikan Patin


PALI. SININEWS.COM -- Pemerintah Desa (Pemdes) Tempirai Utara kecamatan Penukal Utara kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mengelar pelatihan perikananan pembesaran ikan Patin di kolam tanah kegiatan ketahanan pangan desa Tempirai Utara bertempat di Aula kantor desa, Kamis 16/06/2022


Tahun 2022 ini, melalui Perpres 104 Tahun 2021 bahwa 20% Dana Desa digunakan untuk program ketahanan pangan. Pemdes Tempirai Utara Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) merealisasikan program ketahanan pangan melalui dana desa pada tahun 2022.


Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas PMD diwakili Sekdin, Kabid Pemberdayaan, Kasi Tehnologi tepat guna beserta Rombongan PMD Kabupaten Pali, Kepala Desa dan Perangkat Desa, BPD, Kasi PMD Kecamatan Penukal Utara, Tenaga Ahli P3MD, Pendamping Desa, Babinsa Bhabinkamtibmas dan Peserta Pelatihan.


Dalam sambutannya Kepala Desa Tempirai Utara, Hermanto mengatakan program ketahanan pangan yang akan dilaksanakan sudah melalui kesepakatan hasil rapat antara warga dan Pemdes. "Dan kemudian dihasilkan kesepakatan adanya Pembesaran Ikan Patin di Kolam Tanah menjadi pilihan untuk program ketahanan pangan di desanya”ujarnya.


Hermanto menambahkan diharapkan dengan adanya pelatihan program ketahanan pangan di Desa Tempirai Utara dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi desa.


Masih dalam kesempatan yang sama Pengawas Perikanan Ahli Muda, Resti Amalia, S.Pi selaku Narasumber kegiatan dari Dinas Perikanan menjelaskan secara rinci pada 20 peserta pembudidaya ikan Patin yang tergabung dari berbagai kelompok ikan,


Dilanjutkannya, diantara jenis ikan air tawar yang berpotensi mudah dalam perawatannya,  yaitu  jenis ikan Patin, dimana  Keunggulan si Kumis (ikan Patin) yang banyak diminati. Selain mengandung nutrisi tinggi yang baik untuk konsumsi, "Patin juga bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Cara budidaya ikan Patin bagi pemula pun tidaklah rumit karena syarat hidup dan tumbuh mulai kualitas air, pakan dan kesehatan,”ungkapnya


Lebih lanjut, Resti Amalia menjelaskan, membuat kolam ikan Patin, kerambah jaring apung Sebenarnya menggunakan kolam tanah pun boleh, mulai dari persiapan Kolam, kerambah, benih unggul, penebaran benih, pemeliharan ikan dilanjutkan panen, "Di desa kita kolam tanah asalkan tanah tersebut sudah tidak mengandung mikroorganisme asing yang nantinya dapat membahayakan bibit ikan Patin. Kemudian perhatikan juga bahwa permukaan kolam ikan Patin harus lebih dalam supaya matahari tidak tembus yang bisa membuat ikan kepanasan, bahkan sampai mati dan harus diperhatikan suhu air 26-32°C serta yang terpenting jenis bibit unggul harus yang berkualitas agar maksimal,” jelasnya.


(SN/bungharto)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts