Kelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik di Indonesia, Pemkab. Muara Enim Terima Piala Anggara Birawa dari Menpan-RB

MUARA ENIM, SININEWS.COM -- Atas komitmen dan ikhtiar Pemkab. Muara Enim yang dinilai berhasil meningkatkan mutu penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik dengan berbagai inovasi, khususnya melalui  penerapan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) dengan aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) secara baik dan terintegrasi, Kamis (16/06) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI menetapkan Pemkab. Muara Enim sebagai pemerintah daerah terbaik di Indonesia dalam Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (KP4) 2022. 
Penghargaan berupa Piala Anggara Birawa dan sertifikat diterima langsung Plh. Bupati Muara Enim, Kurniawan, AP. M.Si., dari Menpan-RB RI yang diwakili oleh Sekretaris Kemenpan-RI, Rini Widyanti, S.H., M.P.M., di Hotel Ritz Carlton, Jakarta.

Plh. Bupati didampingi Staf Ahli Bupati Bidang SDM dan Kemasyarakatan, Amrullah Jamaluddin, S.E., Asisten Administrasi Umum, Ir. Maryana dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kab. Muara Enim, Ardian Arifanardi, AP., M.Si., menyampaikan rasa syukurnya atas penilaian maupun penghargaan yang didapat.


Dijelaskannya bahwa pencapaian ini telah melalui berbagai tahapan penilaian, mulai dari berhasil menyisihkan 573 intansi dari kementerian, lembaga, BUMN, BUMD, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota di Indonesia, kemudian lolos penyaringan menjadi 51 besar yang dikemudian disaring lagi melalui pemaparan dan wawancara langsung kepala daerah dihadapan tim penilai dari Kemenpan-RB, Kemendagri, Kemenkominfo, Kantor Staf Presiden dan Ombudsman RI. Selanjutnya berkat konsistensi dan kerja keras, Plh. Bupati-pun bersyukur akhirnya Pemkab. Muara Enim mampu menorehkan prestasi menjadi yang terbaik pada penilaian kali ini.

Namun Plh. Bupati menegaskan bahwa yang terpenting bukanlah mengejar penghargaan, melainkan bentuk konkret atau aksi nyata yang dirasakan masyarakat dalam pemenuhan hak publik berupa pelayanan prima dari pemerintah. Sementara itu Sekretaris Kemenpan-RI didampingi Deputi Bidang Pelayanan Publik, Prof. Dr. Diah Natalisa, M.B.A., menyampaikan apresiasinya atas prestasi Pemkab. Muara Enim sebagai 17 besar instansi terbaik tahun ini yang didalamnya hanya terdapat 7 pemerintah daerah, yaitu Pemprov. Sumbar, Aceh dan Jatim, kemudian Pemkab. Muara Enim, Hulu Sungai Selatan, Pemkot. Denpasar dan Kediri.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts