PALI Terima Penghargaan dari Menteri Kesehatan


PALI. SININEWS.COM -- Penghargaan kembali diraih oleh Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dari sektor kesehatan. Kali ini, Daerah Otonomi Baru (DOB) yang baru berusia 9 tahun itu, meraih penghargaan dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) karena berhasil dalam jangka waktu 10 tahun bebas dari Frambusia. 


Direktur RSUD Talang Ubi, dr. Hj. Tri Fitrianti membenarkan jika kabupaten PALI, berhasil meraih penghargaan dari Kemenkes RI pada peringatan Hari Malaria se-dunia, yang dihelat Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). 


"Penghargaan tersebut berupa sertifikat, dimana artinya Kemenkes RI tidak menemukan adanya frambusia di Bumi Serepat Serasan selama 10 tahun. 10 tahun ini, kabupaten PALI bebas dari frambusia," terangnya. 


Diketahui Frambusia merupakan Infeksi bakteri kronis yang memengaruhi kulit, tulang, dan tulang rawan. Frambusia paling sering memengaruhi anak-anak di daerah tropis Afrika, Asia, dan Amerika Latin. Frambusia menyebar melalui kontak langsung dengan kulit orang yang terinfeksi.


Sementara itu, Sekda Kabupaten PALI, Kartika Yanti, SH MH yang mewakili Bupati PALI, dalam penerimaan penghargaan dari Kemenkes mengucapkan rasa bangganya karena kabupaten PALI, bisa menjadi salahsatu kabupaten yang meraih penghargaan Kemenkes RI kategori bebas frambusia. 



"Alhamdulillah, tentu ini menjadi kebanggaan bagi kabupaten PALI. Karena, dari seluruh kabupaten kota se Indonesia, hanya 47 kabupaten yang menerima penghargaan tersebut. Untuk di Sumsel sendiri, hanya ada tiga kabupaten," kata Sekda. 


"Terimakasih kepada semua tenaga kesehatan di kabupaten PALI, yang turut membantu kabupaten PALI, bisa terbebas dari frambusia," pungkasnya. (sn/perry)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts