Dinas Ketahanan Pangan PALI Sosialisasikan Lomba Kreasi Pangan Lokal UMKM Kecamatan


Dinas Ketahanan Pangan PALI lakukan Sosialisasi Lomba Kreasi Pangan Lokal UMKM Kecamatan


PALI. SININEWS.COM -- Mendorong minat masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah dalam menumbuh kembangkan penganekaragaman tanaman pangan, seperti umbi umbian, sayuran dan buah buahan, Dinas Katahanan Pangan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), menggelar sosialisasi lomba Kreasi Pangan Lokal non beras dan Non Terigu bagi Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) Pangan dalam binaan Tim Penggerak PKK Kecamatan Penukal Utara tahun 2022, Rabu (6/7/22).


Kegiatan yang dipusatkan balai Kantor Kecamatan Penukal Utara ini, dihadiri Kepala Dinas Ketahanan Pangan diwakili  Sekretaris Dinas  Patisman Semait, Spd, Msi dan Kepala Bidang keanekaragaman dan Pengembangan Kosumsi Pangan Birman Alamsyah, Spd, M.kes sekaligus sebagai Narasumber, serta  Para Tim PKK 13 Desa sekecamatan Penukal utara berjalan baik dengan standar protokol Kesehatan Covid.19.


Setelah acara dibuka oleh Camat Penukal Utara Maka Giansar,SH diwakili Kasie Keuangan Komarudin, Spd.


Dalam sambutannya, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Patisman Semait, Spd, Msi, mengapresiasi atas antusias para kader PKK desa mengikuti kegiatan tersebut. 


"Sosialisasi ini merupakan upaya Pemda PALI mendorong masyarakat untuk meningkatkan minat memanfaatkan lahan pekarangan rumah bercocok tanaman pangan yang hasilnya akan dilombakan secara berkreasi berbagai jenis makanan/kuliner tanaman pangan non beras dan non terigu," ujar Patisman. 


Kegiatan tersebut dijelaskan Patisman tentunya akan memicu geliat ekonomi  masyarakat pedesaan melalui UMKM binaan Tim PKK Kecamatan.


"Hasil dari kebun masyarakat untuk dijadikan masakan/kuliner untuk menambah peghasilan alternatif dalam keluarga," tukasnya. 


Dilanjutkan Birman Alamsyah,Spd, M.kes sebagai narasumber kegiatan itu bahwa disamping mendorong minat menggalakkan berkebun dilahan pekarangan juga meningkatkan konsumsi tanaman pangan.


Kepala bidang keanekaragaman dan pengembangan konsumsi pangan ini, secara rinci menjelaskan kategori, persyaratan, mekanisme penilaian dan lainya, dalam kegiatan kreasi lomba yang akan dilaksanakan di Kabupaten PALI pada satu bulan mendatang.


Ditambahkan Birman Alamsyah, pada kegiatan Kreasi Lomba makanan/kuliner  nanti, yang diperhatikan oleh perserta Tim PKK Desa yaitu bahan baku masakan berupa bahan lokal non beras dan non terigu, serta cara penyajian, kemasan dan lainya,


"Sehingga menarik dipandang dan enak dirasa, serta mampu bersaing secara ekonomis di pasaran daerah maupun nasional. Juga diharapkan akan menjadi produk kuliner UMKM sebagai keanekaragaman icon masakan dibumi serepat Serasan.  (sn/bungharto)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts