Dinkes PALI ke Palembang, Ini Tujuannya

Caption. Foto bersama tim dari PALI usai kegiatan Bimtek


PALI. SININEWS.COM -- Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Kepala Puskesmas dan sejumlah kader kesehatan dari Bumi Serepat Serasan bertolak ke kota Palembang.


Tujuan tim dari Dinas kesehatan kabupaten PALI itu untuk ikuti bimbingan teknis dalam rangka penguatan kapasitas petugas Tuberkulosis ( TB ) dan Kader dalam pengawasan minum obat dan investigasi kontak.


Kegiatan itu digelar Dinkes provinsi Sumatera Selatan yang berlangsung mulai Senin hingga Rabu, 26-28 september 2022 di ruangan Autorium Duta Hotel Jalan Letkol Iskandar Palembang.


Bimtek itu bukan hanya diikuti tim Dinkes PALI tetapi juga ada 5 kabupaten/kota lainya yang ikuti kegiatan tersebut. 


Dalam kegiatan itu, Dinas Kesehatan Kabupaten PALI hadirkan para kader dan petugas TB serta 5 Kepala Puskesmas, antara lain puskesmas Talang Ubi, Sp.Babat, Tempirai, Tanah Abang dan Puskesmas Tanjung Baru.


Acara itu dibuka dan ditutup oleh Kadinkes Provinsi Sumatera selatan dr.H.Trisnawarman,M.kes,Sp.Kk didampingi 6 Kadinkes Kabupaten/kota dan  narasumber yang berkompeten dibidangnya.


Dalam arahannya Kadinkes Provinsi Sumatera Selatan, mengapresiasi atas kehadiran para peserta dari berbagai daerah Kabupaten/Kota.


Dan mendorong para peserta kiranya dapat bersungguh-sungguh mengikuti bimbingan dan pembelajaran yang disampaikan para narasumber.


"Kami harap simak kegiatan ini sebagaimana yang direncanakan dalam materi bimbingan yang dibedah oleh para narasumber," pesan Kadinkes Sumsel. 


Pada Bimtek itu dijelaskan Kadinkes Sumsel membahas beberapa permasalahan, antara lain kebijakan penanggulangan TBC.


"Selain itu, dibahas juga penemuan dan pengobatan penyakit TBC, Infeksi Laten Tuberkulosis (ILTB), Investigasi Kontak dan TPT serta terapi pencegahan tuberkulosis lainya," imbuhnya. 


Diharapkannya, seluruh peserta dapat menyerap pembelajaran itu, serta dapat diterapkan di daerah masing masing.


"Harapan kami apa yang didapat dari kegiatan ini bisa diimplementasikan di daerahnya masing-masing dalam mencegah penyebaran TBC," harapnya.  


Sementara itu, salah satu peserta kader perwakilan Desa Tempirai Timur dan Puskesmas Tempirai, Haninawati Lubis didampingi Wasor TB Kabupaten PALI Kemas mengungkapkan rasa haru atas keoercayaan dan pembekalan penguatan Kapasitas Kader untuk mendukung Pemda PALI mengatasi penyakit Tuberkulosis (TB).


"Kami akan bawa pengetahuan yang didapat pada pelatihan ini ke PALI. Kami juga bertekad terus sosialisasikan pencegahan TB ke masyarakat PALI," tekadnya.


Demikian dikatakan H.Khazairin, Skm, M.Kes Kepala Puskesmas Tempirai, berharap kader dan Petugas TB yang mewakili Puskemas dan Desa dapat berbagi ilmunya dan menjadi contoh yang baik ditengah masyarakat.


"Diundang ke acara ini supaya menjadi contoh bagi masyarakat lain dan mengajak masyarakat mengetahui apa itu TB serta pencegahan serta penanganannya," pintanya. (sn/bungharto)


Share:

No comments:

Post a Comment


Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts