KPU PALI Lantik Anggota PPS Terpilih


PALI. SININEWS.COM -- Sebanyak 213 Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 71 desa dan kelurahan yang ada di kabupaten PALI, resmi dilantik oleh Ketua KPU Kabupaten PALI, Sunario, SE.


Pelantikan berlangsung di Gedung Pesos Komperta Pendopo, kecamatan Talang Ubi, Selasa 24 Januari 2023 dengan dihadiri oleh Wakil Bupati PALI, Drs. H. Soemarjono, Koramil Talang Ubi, Anggota KPU Sumsel H. Hasyim, Kapolres PALI, Perwakilan Kejari PALI, Keempat Komisioner KPU PALI, Komisioner Bawaslu PALI, Basrul dan Iwan Dedi, serta sejumlah kepala OPD dan Kepala Desa lingkup kabupaten PALI.


Dalam keterangannya usai melantik 213 anggota PPS, Sunario mengatakan tahapan Pemilu sudah dimulai tanggal 14 Juni 2022 lalu.


"Selama 20 bulan sejak ditetapkan tanggal 14 Juni tahun lalu, tahapan pemilu sudah berjalan hingga nantinya pada proses pemungutan suara," kata Sunario.


Lebih lanjut Sunario juga mengatakan bahwa para anggota PPS yang dilantik nantinya bertugas untuk pelaksanaan Pemilihan Legislatif, Pilpres, Hingga Pemilihan Kepala Daerah di tahun 2024.


Lebih lanjut, Ia juga mengatakan bahwa setelah dilantik selama tujuh hari ke depan anggota PPS mempunyai tugas untuk membentuk sekretariat PPS di masing-masing desa dan kelurahan.


"Sejak hari ini hingga tujuh hari ke depan sudah terbentuk sekretariat PPS. Sekretariat PPS nantinya membantu teman-teman PPS dalam bekerja, mengelola administrasi, kegunaan keuangan dan lainnya," urai Sunario.


Dalam kesempatan itu juga, mantan aktivis HMI itu juga berpesan kepada anggota PPS untuk menjalin komunikasi dan koordinasi dengan kepala desa atau lurah setempat dalam pembentukan Sekretariat PPS.


"Sekretariat PPS diusulkan oleh PPS melalui PPK ke KPU Kabupaten PALI. Namun tetap, harus koordinasi dengan pemerintah setempat dalam proses pembentukannya. Untuk itu, Anggota PPS dan pemerintah setempat jangan ribut, koordinasi dengan pemerintah penting dan harus dijaga," kata Sunario.


Ia menambahkan ada tiga macam tugas KPU, yaitu memastikan setiap pemilih terdaftar, menetapkan peserta pemilu dan proses pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024 mendatang.


"Peserta pemilu adalah partai politik. Dan jumlahnya kini sebanyak 18 parpol. Dimana pada 14 Desember lalu ditetapkan 17 Parpol, namun adanya gugatan dari salahsatu parpol kemudian bertambahlah menjadi 18 Parpol," ungkapnya.


Sunario mengucapkan selamat kepada anggota PPS yang sudah dilantik. Laksanakan tugas secara profesional berdasarkan fakta integritas yang sudah diikrarkan tadi.


"Bekerjalah secara profesional, laksanakan semua tahapan serta laksanakan fakta integritas yang sudah diikrarkan tadi. Mari bersama kita wujudkan Pemilu yang aman, damai dan berintegritas," pungkasnya.


Sementara itu, H. Hasyim anggota KPU Sumsel mengatakan bahwa PPS merupakan garda terdepan dalam penyelenggaraan Pemilu Serentak tahun 2024.


"PPS merupakan garda terdepan. Untuk itu, mari bersama kita sukseskan pemilu. Beri edukasi ke masyarakat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu 2024 nanti. Karena indikator keberhasilan suatu pemilu yakni terletak pada tingginya tingkat partisipasi masyarakat," ungkapnya. (sn/perry)

Share:

No comments:

Post a Comment


Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts