Pelihara Tradisi Leluhur, Desa Benakat Minyak Gelar Sedekah Adat


PALI. SININEWS.COM--Warga Desa Benakat Minyak kecamatan Talang Ubi kabupaten PALI menggelar acara Sedekah Adat sebagai wujud memelihara tradisi turun temurun para leluhur, Selasa 11 Juni 2024.

 

Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati PALI Drs. Soemarjono, Camat Talang Ubi Hj Emilia, Dinas DPMD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Dinas Pertanian dan Pendamping Desa serta tokoh adat.

Wabup PALI menyebut bahwa tradisi leluhur perlu dilestarikan dan dijaga agar tetap dikenang.

"Kami mengapresiasi apa yang dilakukan warga Benakat Minyak yang telah melestarikan budaya dan adat leluhur kita," ujar Wabup.

Hikmah dari melaksanakan tradisi leluhur dikatakan Wabup sebagai bentuk ucap syukur terhadap nikmat yang telah diberikan sang pencipta. 

"Dengan momen sedekah adat ini jadikan sebagai sarana berdoa kepada sang pencipta agar kedepan desa ini khususnya dan umumnya kabupaten PALI makin sejahtera, terhindar dari wabah maupun  bencana alam, dan juga beharap tahun ini dan selanjutnya tidak terjadi bencana  maupun hama  tanaman," harapnya. 

Sementara itu, Kades Benakat Minyak Edi Suprapto menyampaikan  bahwa sedekah bumi  atau sedekah adat ini sebagai sarana mempererat tali silaturahmi sesama warga serta sarana berdoa bersama meminta keselamatan. 

"Kami berharap desa kami mendapat keberkahan dan kepada Pemerintah kabupaten PALI untuk bisa membantu kami dalam memperluas lahan pertanian di desa kami supaya kebutuhan pangan bisa tercukupi," tandasnya.(sn/perry)
Share:

No comments:

Post a Comment



Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts