Ada Sinyal Aka Cholik Maju Wakil Bupati PALI 2024


PALI. SININEWS.COM--Mendekati masa pendaftaran calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah bulan Agustus ini, banyak Partai Politik (Parpol) yang telah mengeluarkan rekomendasi kepada bakal calon Bupati dan Wakil Bupati di 17 Kabupaten Kota se-Sumatera Selatan.


Suhu politik pun mulai hidup bahkan memanas, terlihat adanya bongkar pasang pasangan calon yang akan berkompetisi pada Pilkada 27 November 2024 mendatang.


Namun semua itu masih dinamis sebelum waktu pendaftaran ditutup oleh KPU.


Di kabupaten PALI sendiri pada minggu belakangan ini tersebar isu Aka Cholik Darlin SPdI SH MM muncul dan akam maju sebagai bakal calon Wakil Bupati PALI.


Menanggapi isu itu,media ini mencoba mencari informasi kebenaran tersebut. 


Dan saat dikonfirmasi, Aka Cholik belum berani menjawab dengan tegas isu tersebut.


"Saat ini saya sebagai Ketua DPC PKB kabupaten PALI sepenuhnya mendukung H Asri AG SH Msi sebagai Calon Bupati PALI yang telah direkomendasikan DPP. Kalau saya sendiri tidak munafik ada beberapa partai yang menginginkan untuk saya bergabung, namun PKB komitmen atas kesepakatan DPP," ujar Ketum Forum Aspirasi Kepedulian masyarakat Lematang Sumatera Selatan ini, Senin 8 Juli 2024.


Masih kata Aka Cholik bahwa mengikuti kompetisi Pilkada ini tidak boleh mengedepankan ego, karena tetap mengkaji beberapa aspek yang harus di siapkan dengan matang. 


"Apalagi saat ini kita semua paham tidak lepas dari kesiapan dana yang cukup agar bisa mengikuti warna Pilkada saat ini. Nak calon wakil Bupati nak banyak duet kalau buntu katek yang mileh," katanya sambil tertawa di ucapkan dengan logat khas Lematang kepada media ini.


Diakui Aka Cholik bahwa beberapa hari ini dirinya dihubungi dari DPP untuk mempersiapkan diri.


"Jika memang sudah keputusan DPP kita harus hormati serta ada beberapa ketua Parpol dan kepala daerah yang menghubungi kami untuk membahas hal tersebut, namun semua belum saya tanggapi serius mungkin itu bagian Intermezo politik," ujar mantan wakil ketua komisi 1 DPRD PALI.


Melihat adanya beberapa pihak menginginkan dirinya maju sebagai calon wakil Bupati, Aka Cholik akan mengikuti dinamikanya. 


"Kita lihat saja endingnya nanti," tandasnya.


Sementara Ketua Garda Bangsa Kabupaten PALI Sharul Mukmin sebagai Jubir PKB PALI membenarkan banyak tawaran di minggu terakhir ini kepada Ketua DPC PKB kabupaten PALI.


"Namun beliau belum menyikapi hal tersebut secara serius,  dikarenakan PKB komitmen bersama H Asri AG," ujar Sharul.


Menurutnya memang sahabat Aka Cholik Darlin bisa menjadi alternatif akhir, bukan tanpa alasan, karena Aka Cholik adalah putra asli Lematang yang merupakan suara terbanyak ke 2 setelah kec Talang Ubi.


"Serta beliau juga pernah mengikuti pendaftaran Calon Wakil Bupati PALI tahun 2020 serta pernah menjadi anggota DPRD PALI, tetapi sampai saat ini beliau belum menyatakan hal tersebut secara resmi," jelasnya. 


Terpisah, pengamat media politik Pidin C Oteh mengungkapkan kemungkinan besar isu tersebut bisa terjadi apalagi banyak bakal calon Bupati dan Wakil Bupati di satu kecamatan.


"Misalnya nanti muncul di Kecamatan Talang Ubi, ada beberapa calon. Kita lihat saja yang muncul ada Asgianto ST , Irwan ST dan Drs Sumarjono mereka akan bertarung suara terbanyak di kecamatan Talang Ubi. Namun Kec Talang Ubi terbelah 3," ucapnya.


Diutarakan Pidin, bahwa karekter pemilih di 6 kelurahan ini tidak ada suara dominan. Dan ada sinyal Aka Cholik maju jadi Wakil Bupati PALI 2024 Pendopo area yang tentu lebih kenal dengan Tokoh politik yang berada di kota namun suara di kelurahan ini bisa didapat oleh semua kandidat, sementara daerah Talang Bulang ke Panta Dewa ini indentik dengan masyarakat Penukal jadi calon berasal dari Penukal akan lebih dominasi nantinya.


"Apalagi ada wacana pemekaran kecamatan Penukal Selatan dan bagian ketiga di Desa sungai Ibul sampai ke Suka Damai ini akan di dominasi kadindat dari daerah Penukal dan Penukal Utara sementara Wilayah Sungai baung sampai Benakat Semangus ini banyak warga Jawa atau pemilih campuran yang akan di dominasi kadindat yang ada hubungan dengan Puja Suma," ujar Pidin 


Ditambahkannya bahwa kecamatan Abab ada calon Bupati Devi Herianto, Abdul Rizal serta Jauhari ini berarti di kecamatan Abab akan di dominasi pemilihnya memilih warga yang berasal dari Abab.


Sedangkan kecamatan Penukal Utara dan Penukal ada beberapa Calon Bupati H Asri AG dan Rizal Kenedi ini di pastikan akan di dominasi oleh kandidat yang berasal dari Penukal 


Untuk kecamatan Tanah Abang suara terbanyak ke 2 setelah kecamatan Talang Ubi ada beberapa calon yang sudah menyatakan maju yaitu H Muhammad Ferdinand dan Supran Mastura.


"Mereka saat ini tidak memiliki partai Politik yang memiliki kursi di DPRD harus berkolaborasi dengan Parpol lain sementara Aka Cholik Darlin adalah Tokoh Lematang yang saat ini ketua DPC PKB memiliki kursi di DPRD, tentu menjadi nilai tawar namun semua dinamis siapapun bisa terjadi ini hanya analisa pribadi saya. Artinya antara Calon Bupati dan Wakil Bupati harus benar benar tepat memilih pasangan," ujar wartawan senior ini .(sn/perry)

Share:

No comments:

Post a Comment



Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts