Turunkan Pengangguran, Pencaker Dilatih Keterampilan

MUARA ENIM -- Fokus Pemerintah Kabupaten Muara Enim dalam menakan angka kemiskinan diwilayahnya juga ditunjukkan dengan upaya mengurangi jumlah penggangguran dari kalangan para pencari kerja (pencaker).

Ratusan pencaker diwilayah Kabupaten Muara Enim mengikuti pendidikan dan keterampilan yang diselenggarakan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) di Gedung BLK, kOta Muara Enim, Selasa (12/3). Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati H Juarsah.

Kepala Disnaker Muara Enim, Siti Herawati mengatakan para pencaker ini dilatih keterampilan yang dibutuhkan berbagai bidang dunia usaha. 

"Pelatihan ini digelar bertahap yang telah mulai dilaksanakan sejak 26 Februari lalu, totalnya ada 26 paket pelatihan dari pusat dan 7 paket pelatihan dari Pemkab,"kata Siti

Adapun kegiatan pelatihan ini diikuti sebanyak 416 peserta dari paket pelatihan pusat dan 112 peserta dari paket pelatihan Pemkab Muara Enim.Materi pelatihan diberikan mulai dari otomotif, kerajinan tangan, salon kecantikan, garmen dan komputer teknisi dan perkantoran.
"Harapannya, para pencaker dapat segera bekerja ataupun menjadi wirausaha mandiri,"ujarnya

Sementara Wakil Bupati Muara Enim, H Juarsah menerangkan digelarnya kegiatan pelatihan dan keterampilan bagi para pencari kerja merupakan salah satu upaya Pemkab Muara Enim dalam menekan angka pengangguran. 

Menurutnya, para pencaker sudah selayaknya mendapat pelatihan skil sehingga dapat bersaing guna memenuhi pasar dunia kerja.
"Jangan sampai peluang para pencaker lokal semakin mengecil untuk mendapat kerja, seperti diketahui saat ini tingkat pengangguran semakin bertambah seiring meningkatkan tingkat kelulusan dan terbatasnya lowongan,"ungkapnya

Melalui kegiatan ini, pihaknya pun optimis dapat menciptakan tenega kerja ahli siap pakai dan 1000 pemuda wirasahawan baru.
"Sebab kami meyakini peningkatan kemampuan dan kualitas kerja penting dalam dunia lerja, hal ini menuntut sdm berpacu meningkatkan kualitas diri,"pungkasnya.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts